id
id

FTUI, Jajaki Kolaborasi Baru dalam Bidang Pendidikan dan Penelitian dengan NSTU Rusia

Pada Senin (26/02) lalu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima kunjungan dari Novosibirsk State Technical University (NSTU), Rusia. Pertemuan ini dilangsungkan untuk memperkenalkan masing-masing institusi pendidikan serta membahas peluang kerjasama dan kolaborasi yang dapat dilakukan kedepannya.

“Kami sangat antusias menjalin kerjasama dengan FTUI dalam berbagai bidang akademik dan penelitian. NSTU sendiri merupakan salah satu pusat penelitian dan pendidikan teknik terkemuka yang berlokasi di Novosibirsk, Rusia. Dengan 11 fakultas dan 2 institut, NSTU saat ini memiliki lebih dari 14.000 mahasiswa, 968 dosen tetap, dan 216 dosen paruh waktu,” ungkap Chernov Sergey Sergeyevich, Wakil Rektor bidang Akademik NSTU.

Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI, menyambut baik potensi kerjasama dengan NSTU. “Kerjasama ini akan membuka peluang baru bagi mahasiswa dan peneliti untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek inovatif dan penelitian bersama. FTUI telah memiliki banyak pengalaman dalam menyelenggarakan program kelas internasional dengan beberapa universitas asing, terutama untuk jenjang sarjana. Di sisi lain, untuk jenjang pascasarjana, FTUI menyelenggarakan program kerjasama gelar ganda, penelitian bersama, dan supervisi bersama.”

Salah satu program yang ditawarkan NSTU dalam diskusi ialah program study abroad bagi mahasiswa FTUI tanpa biaya pendidikan. Selain itu, NSTU juga menjalin kemitraan erat dengan perusahaan-perusahaan di Rusia melalui program project-based courses, sehingga dapat memberikan pengalaman langsung dan relevansi industri bagi mahasiswa. Program ini direncanakan akan dibuka bagi mahasiswa sarjana dan magister. Sementara perkiraan biaya hidup di Rusia, termasuk di NSTU, adalah sekitar USD 100-200 per bulan.

Tindak lanjut dari pertemuan ini mencakup pengiriman daftar peneliti dan staf dengan tingkat indeks tinggi dari FTUI untuk diundang ke NSTU. Selanjutnya, NSTU juga akan menyampaikan daftar program studi dan mata kuliah yang ditawarkan. Proses ini diharapkan dapat membuka peluang lebih lanjut bagi kedua institusi untuk menjalankan program kerjasama yang bermanfaat.

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan Fakultas Teknik UI, menyampaikan, “Kami optimis bahwa peluang kolaborasi dengan NSTU dapat membuka pintu menuju peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan riset di FTUI. Potensi kerjasama antara FTUI dan NSTU menjanjikan manfaat yang besar bagi kedua institusi, terutama dalam peningkatan mobilitas akademik dan penelitian.”

Dalam kegiatan ini, turut hadir Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng.; Kepala Kantor Internasional FTUI, Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D., DIC; dan Ketua Departemen Metalurgi dan Material, Dr. Deni Ferdian, S.T., M.Sc. Sementara dari NSTU, turut hadir Borovikova Darya Vladomirovna selaku Ketua Departemen Pre-University Education and Recruitment.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X