id
id

Prof. Praswasti PDK Wulan Terpilih Sebagai Anggota MWA UI Unsur Dosen Periode 2024-2029

Prof. Dr. Ir. Praswasti Pembangun Dyah Kencana Wulan, M.T., Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bidang Nano Technology dan Sustainable Energy terpilih sebagai satu dari tujuh anggota Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Unsur Dosen untuk masa bakti 2024 – 2029. Pemilihan ini diumumkan berdasarkan hasil keputusan Senat Akademik UI pada Rabu, 21 Maret 2024.

Dalam perannya sebagai anggota MWA UI kedepannya, Prof. Wulan akan fokus pada pada beberapa hal untuk menguatkan UI kedepannya, “Untuk mendukung era transformasi digital, hal pertama yang ingin saya kawal ialah perbaikan infrastruktur dan fasilitas penelitian Universitas Indonesia. Kemudian, perlu adanya strategi terkait biaya pendidikan serta meningkatkan peluang kerja mahasiswa Universitas Indonesia. Dalam mewujudkan kedua hal ini, tentu penting untuk memiliki hubungan yang erat antar organ Universitas Indonesia.”

Selanjutnya, Prof. Wulan menyoroti perlunya eksplorasi solusi untuk permasalahan yang terdapat dalam statuta UI, sebagaimana telah ditetapkan dalam PP No. 75 tahun 2021. Hal lain yang juga beliau ingin perjuangkan ialah optimalisasi peran MWA UI sebagai representasi yang kuat bagi Pemerintah, Masyarakat, dan Universitas Indonesia. Dengan demikian, MWA UI diharapkan dapat memainkan peran yang efektif dalam memajukan Universitas Indonesia di tingkat global.

“Dengan dukungan dari semua pihak, saya berharap dapat berkontribusi secara maksimal dalam memajukan Universitas Indonesia menuju tingkat keunggulan dan dampak yang lebih besar di kancah nasional maupun internasional. Saya akan menjadikan amanah ini sebagai kesempatan untuk mewujudkan visi saya dalam menguatkan peran MWA UI sebagai navigasi pendidikan tinggi di era tantangan global. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam proses pemilihan ini,” ungkap Prof. Wulan.

“Terpilihnya Prof. Wulan sebagai anggota MWA UI periode 2024-2029 mencerminkan dedikasi dan komitmen beliau dalam mengabdi pada bidang pendidikan tinggi. Kami yakin bahwa dengan pengalaman dan keahliannya, Prof. Wulan akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan Universitas Indonesia. Selamat dan sukses untuk Prof. Wulan dalam menjalankan amanah ini,” ujar Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan FTUI, mengapresiasi terpilihnya Prof. Wulan sebagai anggota MWA UI periode 2024-2029.

Prof. Wulan telah mengabdi sebagai Dosen Teknik Gas dan Petrokimia di Departemen Teknik Kimia FTUI sejak tahun 1991. Beliau pernah memegang jabatan sebagai Kepala Kelompok Riset Thermochemical Processes untuk periode 2022-2026. Perjalanan pendidikan Prof. Wulan dimulai dari menyelesaikan pendidikan S1 di Departemen Teknik Gas dan Petrokimia FTUI. Masih di kampus yang sama, beliau melanjutkan pendidikan magister Kekhususan Teknik Gas Bidang Ilmu Teknik Metalurgi, PPSBIT (1994) dan studi doktornya Program Studi Teknik Kimia FTUI (2008).

Sebagai seorang Insinyur, Prof. Wulan telah tergabung sebagai anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII) sejak tahun 2012. Pada tahun 2015, Prof. Wulan berhasil meraih Penghargaan Paper Terbaik pada 7th International Conference on Thermofluids Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Teaching Excellence Award FTUI. Kemudian pada tahun 2015-2019, Prof. Wulan terpilih menjadi anggota Senat FTUI dan berlanjut menjadi anggota Senat UI pada tahun 2019-2024.

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X