id
id

Center for Sustainability and Waste Management UI dan Physikalisch Technische Bundesanstalt Diskusikan Ekonomi Sirkular

Center for Sustainability and Waste Management Universitas Indonesia (CSWM UI), salah satu unit kerja khusus dibawah Universitas Indonesia mengadakan pertemuan dengan Physikalisch Technische Bundesanstalt (PTB) pada 21 Maret 2024. Secara umum, pertemuan ini membahas terkait ekonomi sirkular dengan berfokus pada sektor plastik.

PTB merupakan German Metrology Institute sekaligus badan resmi German Development Cooperation. Hingga saat ini PTB memiliki dua proyek di Indonesia, yaitu proyek untuk fotovoltaik serta proyek pemantauan lingkungan dan iklim. Ke depannya PTB ingin memasuki wilayah ekonomi sirkular dengan berfokus pada sektor plastik. Dalam hal ini, CSWM UI dengan PTB harus bekerja sama melakukan pemetaan masalah ekonomi sirkular di Indonesia, mulai dari manufaktur plastik hingga pendaur ulang plastik.

Prof. Dr. Ir. Mochamad Chalid, S.Si, M.Sc. Eng. selaku Kepala UKK CSWM UI mengungkapkan, “Dengan masih adanya konsep ekonomi sirkular yang terjadi tidak sesuai dengan konsepnya, dimana barang yang menjadi sampah tidak dikelola kembali menjadi barang yang sama, tetapi menjadi barang sekunder (yang mempunyai nilai daur ulang lebih rendah), hal ini menajdi kekhawatiran bersama, termasuk PTB dalam permasalahan pengelolaan sampah saat ini.”

Guru Besar Departemen Teknik Metalurgi dan Material ini juga menyampaikan bahwa CSWM UI memiliki keunggulan pada teknologi polimer, menjadi peluang riset bersama dalam pengelolaan sampah plastik, salah satunya untuk mengubah menjadi bijih plastik daur ulang, yang kelak dapat dikelola kembali menjadi barang yang dapat digunakan.

“Kami berusaha memahami pengetahuan, tren, dan inisiatif terkini mengenai plastik di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan penelitian dan inovasi dengan CSWM UI. Luaran yang diharapkan adalah kegiatan kolaborasi  yang berkisar redesign atau recycle plastik,” ujar Jana Körner selaku Koordinator Proyek PTB.

Dalam diskusi tersebut Prof. Chalid juga menyampaikan, “Beberapa poin penting yang menjadi fokus adalah edukasi kepada publik untuk melakukan pemilahan dan pembuangan sampah pada tempatnya, serta menghubungkan kepada pemulung dan pengepul kepada pendaur ulang. Dua hal ini yang bisa menjadi proyek kolaborasi juga dengan CSWM UI.”

Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., mengatakan, “Saya senang dengan adanya pertemuan yang dilakukan oleh CSWM UI dan PTB. Pertemuan ini bisa menjadi wadah bertukar ilmu dan pengembangan ide dari kedua belah pihak dalam redesign atau recycle plastik, sehingga ide dapat terelisasikan dan membawa manfaat untuk FTUI dan masyarakat luas. Semoga kerja sama seperti ini dapat terus terjalin dengan baik.”

Pertemuan ini dihadiri oleh delegasi dari CSWM UI yang terdiri atas Prof. Dr. Ir. Mochamad Chalid, S.Si, M.Sc. Eng., Kepala UKK CSWM UI; Yuli Amalia Husnil, S.T., M.T., Ph.D., Kepala Divisi Riset & Inovasi UKK CSWM UI; dan Adream Bais Junior, S.T., M.T., Kepala Divisi Program UKK CSWM UI. Selain itu, terdapat pula delegasi dari PTB yang terdiri atas Jana Körner selaku Koordinator Proyek PTB, Clemens Sanetra selaku Konsultan Ahli PTB, dan Sandra Imelda selaku Konsultan Proyek Kerjasama PTB–BSN.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X