id
id

Tingkatkan Iklim Keilmiahan Keteknikan, FTUI Gelar OIM FTUI 2024

Pada Selasa (14/05), FTUI mengadakan presentasi Gagasan Futuristik Tertulis sebagai satu rangkaian dari perlombaan pada Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) FTUI. Pada tahun ini OIM FTUI 2024 membawakan tema “Madieval Era” dengan slogan #UnravelTheTruth. Hal ini menggambarkan petualangan untuk menemukan sesuatu yang dicari dan membuka kebenarannya. Sementara itu, tema besar acara ini adalah “Menciptakan Masa Depan Bangsa yang Lebih Baik Sebagai Generasi Emas Demi Keberlangsungan Peradaban Manusia”. Hal yang membedakan OIM FTUI tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah pelaksanaannya digabung dengan Teknik Cup.

OIM FTUI digelar untuk meningkatkan iklim keilmiahan dan keilmuan keteknikan, menggugah minat dan bakat mahasiswa, menjadi ladang inovasi mahasiswa, menjaring mahasiswa FTUI untuk mengikuti OIM UI 2024, dan menyiapkan kontingen untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PKM PIMNAS).

“Kami mengangkat poin ke-9 SDGs ‘industri, inovasi, dan infrastruktur’. Kami sebagai mahasiswa, iron stock, generasi penerus bangsa yang akan meneruskan peradaban manusia di masa depan,  hendaknya memiliki jiwa imajinatif, kreatif, dan inovatif demi keberlanjutan industrialisasi peradaban manusia,” ujar Sabrina selaku panitia OIM FTUI 2024.

Terdapat dua jenis cabang perlombaan dalam OIM FTUI 2024, yakni PKM dan non-PKM. Cabang perlombaan PKM terdiri atas Riset Eksakta, Kewirausahaan, Pengabdian Masyarakat, Penerapan IPTEK, Karsa Cipta, Video Gagasan Futuristik, Artikel Ilmiah, Gagasan Futuristik Tertulis, dan Karya Inovatif. Sementara itu, cabang non-PKM terdiri atas Debat Bahasa Inggris dan Indonesia, Kuis, Eatbulaga, Esai, Infografis, dan Persembahan Departemen.

OIM FTUI 2024 dapat diikuti oleh angkatan aktif 2020, 2021, 2022, dan 2023. Kontingen OIM FTUI dipilih melalui IPTEK masing-masing departemen. Sementara itu, untuk cabang PKM terdapat seleksi proposal untuk kemudian dipresentasikan. Untuk cabang non-PKM diadakan dengan sistem penyisihan. Para peseta dalam olimpiade ini dinilai oleh juri yang merupakan dosen, alumi, dan anggota English Debating Society (EDS). Pemenang olimpiade kemudian akan mendapatkan sertifikat dan piala sebagai hadiah.

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. selaku Dekan FTUI menyampaikan, “Saya mengapresiasi para panitia dan peserta yang berkontribusi pada OIM FTUI 2024. Harapannya, ajang ini akan menumbuhkan imajinasi dan inovasi bagi mahasiswa. Saya juga berharap inovasi yang dibawakan peserta olimpiade dapat menginspirasi banyak orang.”

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X