id
id

Kuliah Tamu Julie Nichols Tentang Yarning sebagai Metode Penelitian

Pada Kamis (16/5), Program Studi Arsitektur Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mengadakan kuliah dengan mengundang dosen dari University of South Australia, Dr. Julie Nichols. Beliau memberikan kuliah bertajuk ‘Yarning’ As Research Method. Myth; Memories; Imagination. Kuliah ini diselenggarakan secara luring di Ruang Seminar, Gedung Departemen Arsitektur FTUI pada pukul 7.30 – 9.30 WIB dengan peserta dari mahasiswa mata kuliah Arsitektur Heritage.

“Yarning”, sebuah istilah yang disebut Julie dalam pemaparannya, adalah sebuah proses mendengarkan cerita-cerita dari pihak terkait. Biasanya cerita ini berlangsung turun temurun.

Proses “yarning” ini dilakukan Julie sebagai metode penelitian. Dalam konteks kontemporer dimana praktik arsitektur di Australia mencari proses konseptual dan pragmatis untuk merancang ‘Negara’. Ini adalah kisah yang menarik dan salah satu pembelajaran potensial untuk mengeksplorasi bagaimana memberi penghormatan, menghormati Masyarakat Bangsa Pertama serta melakukan dekolonisasi proses desain melalui masyarakat Makassan yang tinggal di tanah Arnhem Timur Laut dan keturunan Yolngu yang berakar di Makassar.

Pendekatannya adalah dengan meminjam cerita, gambar, bentuk seni seperti tenun, keahlian seperti pembuatan perahu; arkeologi forensik, kisah-kisah anekdot, percakapan dan wawancara untuk disatukan, memberikan kesan tentang lingkungan yang dibangun secara historis di kedua destinasi. Tujuannya adalah untuk secara konseptual memetakan medan diskursif, yang menata ulang hubungan yang mengarah pada konstruksi identitas sejarah maritim dan ruang hidup yang beragam dan abadi yang mereka bina.

“Antropolog Fred Myers, setelah melakukan penelitian lapangan jangka panjang dengan masyarakat Pintupi di Australia Tengah, menyebut lanskap mereka sebagai ‘rangkaian cerita’, ‘tanah terbuat dari cerita, bukan atom.,” Julie mengutip dari jurnal  McBryde, 1. (2014).

Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, mengatakan, “Saya mengucapkan terima kasih kepada Dr. Julie yang telah berkenan untuk hadir dan mengisi kuliah tamu di FTUI. Kuliah bertajuk ‘Yarning’ As Research Method. Myth; Memories; Imagination ini membuka perspektif baru dalam studi Arsitektur Heritage, mendorong mahasiswa untuk menggali lebih dalam melalui pendekatan naratif dan imajinatif. Kami berharap kolaborasi akademik seperti ini terus berlanjut untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Semoga materi yang diberikan Dr. Julie dapat bermanfaat dan menginspirasi para peserta yang hadir.”

Dr. Julie Nichols adalah Dosen Senior, juga pendiri Vernacular Knowledge Research Group di University of South Australia. Minat penelitian utamanya menghubungkan bidang sejarah dan teori perkotaan, kartografi perkotaan, dan desain perkotaan melalui praktik menggambar dan representasi. Minat penelitian interdisipliner Julie mencakup warisan digital; mengkonsep ulang arsitektur vernakular; Sejarah Islam & lintas budaya serta teori desain tata ruang di kota-kota di Indonesia. Perspektif ini terlihat jelas dalam proyek penelitiannya saat ini di Indonesia dan Australia seputar rekonstruksi situs warisan budaya yang dibangun pascabencana, pengelolaan arsip, dan wisata warisan budaya.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X