id
id

Mahasiswa FTUI Raih Medali Emas pada Ajang ONMIPA-PT 2024

Muhammad Adyan Dafi, mahasiswa Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTK FTUI) angkatan 2023, berhasil meraih medali emas di bidang kimia pada ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) Tahun 2024. Kompetisi ini diselenggarakan di Universitas Hasanuddin, Makassar, pada 12 – 17 Mei 2024. Pada ajang ini, kontingen dari Universitas Indonesia (UI) juga berhasil membawa pulang 3 medali emas, 6 medali perak, 4 medali perunggu, serta 4 Honorable Mention.

ONMIPA-PT adalah lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan empat bidang pada rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), yakni bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika. Olimpiade ini diselenggarakan tiap tahun nya oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pada tahun ini, ONMIPA-PT mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi”.

Proses kompetisi ONMIPA-PT dilangsungkan dalam tiga tahap, yakni tahap universitas, regional/wilayah, dan nasional. Pada tingkat UI, terdapat 79 mahasiswa yang mengikuti seleksi olimpiade. Setelah melalui seleksi tingkat UI, lima mahasiswa terbaik pada masing-masing bidang kemudian mengikuti seleksi tingkat wilayah yang dikelompokkan ke dalam 16 wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). UI termasuk ke dalam Wilayah III Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Muhammad Adyan Dafi menjelaskan proses yang dilaluinya sebelum akhirnya menjuarai tingkat nasional, “Total peserta bidang kimia di tingkat wilayah sebanyak 818 mahasiswa. Selanjutnya, peserta terpilih diundang untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional dengan jumlah maksimal 65 orang untuk setiap bidang. Adapun seleksi dilakukan berdasarkan peserta terbaik dari tiap wilayah, satu peserta asal PTS dengan nilai tertinggi di wilayah yang memenuhi standar minimum, serta peserta peringkat atas pada seleksi tingkat wilayah keseluruhan untuk memenuhi kuota maksimal,” ungkapnya.

Dafi mengikuti olimpiade bidang kimia ini dengan materi yang diujikan terdiri dari kimia anorganik, kimia fisika, kimia organik dan biokimia, serta kimia analitik. semasa masih duduk di bangku SMA, Dafi juga pernah meraih medali perunggu di kancah internasional pada ajang 55th International Chemistry Olympiad (IChO) 2023 yang diselenggarakan di Zurich, Swiss pada 16-25 Juli 2023.

Dekan Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., memberikan tanggapannya terkait prestasi ini. “Prestasi yang diraih oleh Muhammad Adyan Dafi dan kontingen UI lainnya merupakan hasil dari dedikasi dan kerja keras untuk membuktikan kemampuan dan kompetensi mahasiswa UI di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Semoga pencapaian ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan membawa nama baik Universitas Indonesia baik di kancah nasional maupun internasional. Selamat kepada Dafi dan seluruh kontingen UI atas pencapaian ini.”

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X