id
id

Relawan Universitas Indonesia Bersama Komunitas Beraksi untuk Mewujudkan Pantai yang Lebih Bersih

Dalam upaya menggerakan masyarakat dalam pelestarian lingkungan, 80 relawan dari Universitas Indonesia terlibat dalam kegiatan Beach Clean Up di Pantai Marunda, Jakarta Utara, pada tanggal 19 Mei 2024. Kegiatan ini mengusung tema “Interenco X Munvice Beach Clean Up”, sebagai upaya menyelamatkan ekosistem laut dan pesisir.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Green Polymer Technology Student Chapter Universitas Indonesia (GPTech SCUI), berkolaborasi dengan Community Outreach Ikatan Mahasiswa Program Internasional Fakultas Teknik Universitas Indonesia (IMPI FTUI), dan Center for Sustainability and Waste Management Universitas Indonesia (CSWM UI), tidak hanya berfokus pada kegiatan pembersihan area pantai tetapi juga menggabungkan workshop edukasi dan pengabdian masyarakat.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu lingkungan dan menginspirasi keterlibatan masyarakat secara berkelanjutan untuk melindungi dan memulihkan ekosistem laut dan pesisir kita”, demikian disampaikan oleh Adream Bais Junior, Kepala Divisi Program UKK CSWM UI.

Aksi bersih pantai ini dapat terlaksana berkat dukungan dan sponsor dari Chandra Asri Petrochemical, Salah satu Perusahaan Petrokimia yang mengedepankan praktik industri berkelanjutan. Keterlibatan Chandra Asri menggarisbawahi komitmennya terhadap pengelolaan lingkungan dan keterlibatan masyarakat.

Acara ini diawali dengan menyelenggrakan workshop di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), di mana para peserta dibekali dengan pengetahuan tentang praktik-praktik pengelolaan sampah yang efektif. Kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih pantai di Pantai Marunda, dan diakhiri dengan program sosialisasi problem solving sampah yang bertujuan untuk mengedukasi warga sekitar tentang pentingnya pembuangan dan pemilahan sampah yang benar.

Hasil dari kegiatan bersih-bersih ini cukup signifikan, dimana para relawan berhasil mengumpulkan total 107 kilogram sampah yang dikategorikan ke dalam 14 kilogram sampah organik, 62 kilogram sampah plastik, dan 31 kilogram sampah lainnya. Pengumpulan sampah ini dilakukan oleh 8 kelompok relawan, dengan menunjukkan kekuatan aksi komunitas yang terkoordinasi dengan baik.

“GPTech SCUI 2024, bersama dengan mitra kami di IMPI FTUI 2024 Community Outreach dan CSWM UI, dengan dukungan penuh dari Chandra Asri Petrochemical dengan bangga dapat menjadi teladan dalam mengatasi tantangan lingkungan,” ujar Sabrina Oktaviani, Presiden GPTech SCUI. “Melibatkan masyarakat dan mengedukasi generasi muda merupakan langkah penting menuju pembangunan berkelanjutan.”

Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, M.Eng., IPU. menyampaikan, ”Ini adalah langkah nyata dalam menunjukkan kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan dan keberlanjutan ekosistem laut. Pantai yang bersih bukan hanya memberikan keindahan bagi para pengunjung, tetapi juga menjadi habitat yang sehat bagi berbagai makhluk hidup laut. Kegiatan seperti ini sangat penting karena mengingatkan kita akan tanggung jawab bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dengan kolaborasi antara mahasiswa dan berbagai organisasi di Universitas Indonesia, kita bisa melihat betapa kuatnya pengaruh sinergi dalam mencapai tujuan yang mulia ini. Selain pembersihan pantai, inisiatif ini juga mengedepankan edukasi kepada masyarakat, yang merupakan kunci utama dalam menciptakan perubahan jangka panjang.”

Acara Beach Clean Up ini hanyalah salah satu dari banyak inisiatif yang dilakukan oleh Universitas Indonesia dan para mitranya untuk mempromosikan kesadaran lingkungan dan tindakan menuju masa depan yang berkelanjutan.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X