id
id

SPE UI SC dan FTUI Hadirkan MEDCO dalam Seminar Skill Finder

Pada Selasa (21/5), Society of Petroleum Engineers Universitas Indonesia Student Chapter (SPE UI SC) bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mengundang PT Medco Energi Internasional dalam acara seminar bertajuk Skill Finder: Interview Simulation 2024. Acara ini dilaksanakan di Smart Meeting Room, Gedung Dekanat FTUI pada pukul 13.00 hingga selesai. Turut hadir dalam acara, tim dari Career Development Center FTUI (CDC FTUI), Presiden SPE UI SC 2024, M Kahfi Arifiansyah, dan pembicara dari Medco, Bapak Shauqi G. Aleyandra selaku Senior HR Shared Services.

Masuk ke acara inti, Bapak Shauqi memberikan pemaparannya dengan judul Unlocking Oil and Gas Career Opportunities. Di awal presentasinya, Bapak Shauqi mengenalkan perusahan tempatnya bekerja. Medco, yang berdiri pada tahun 1980 mengawali bisnisnya di bidang drilling kini memiliki bisnis di 3 bidang, yaitu oil & gas, power, dan energy.

Tren bisnis bergerak sangat cepat. Pertama adalah AI yang telah menjadi teman kita sehari-hari. Ada juga bisnis dari rumah yang sudah mulai berkembang sejak era COVID-19 merebak. Selanjutnya ada peningkatan keberagaman, di mana keterwakilan wanita dalam posisi manajerial menjadi perhitungan investor. Commerce on social media, talent challenge, customer experience, dan sustainable environment juga menjadi tren bisnis masa kini.

Tren bisnis juga berpengaruh terhadap tren HR. Perusahan-perusahan kini menerapkan sistem hybrid working, di mana karyawannya dapat bekerja di rumah. Ada pula tuntutan untuk para pekerja untuk dapat terlibat dalam program-program perusahaan, meningkatkan employee experience. Diversity, equity, dan inclusion juga menjadi perhatian bagi perusahaan. Tuntutan untuk work-life balance juga meningkat dari sisi pekerja, sehingga pola pikir perusahaan pun harus berubah demi menjaga mental health dan wellbeing dari pekerjanya. Recruit for potential juga sudah mulai dilakukan, tidak lagi melihat dari gelar yang dimiliki calon karyawan. Terakhir human skill, yang menjadi pembahasan utama oleh Bapak Shauqi.

Menurut Bapak Shauqi, ada 4 jenis skill yang dibutuhkan di tahun-tahun mendatang. Di antaranya adalah problem solving, self-management, working with people, dan technology use and development. Beberapa skill tersebut menjadi faktor kesuksesan bagi seorang pekerja di masa depan.

“Bagaimana kita mempersiapkan credential kita, memperkenalkan diri kita kepada industri, perlu dilakukan jauh hari. Misalnya melalui media sosial, seperti LinkedIn. Maka berhati-hatilah menggunakan media sosial, gunakan semaksimal mungkin untuk masuk ke dunia kerja.” ujar Pak Shauqi kepada peserta.

Selanjutnya Bapak Shauqi menjelaskan bagaimana membuat resume (CV). Yang pertama adalah meringkas ikhtisar dari keahlian, kompetensi, dan penghargaan yang dimiliki pelamar kerja. Gunakan kata kunci spesifik yang sesuai dengan pekerjaan yang dituju. Susun dalam urutan kronologis tentang pendidikan dan pengalaman kerja. Terakhir, sebutkan pelatihan atau sertifikasi yang dimiliki.

Pada sesi terakhir, Bapak Shauqi mengajak salah satu peserta naik ke panggung untuk melaksanakan simulasi wawancara. Pada sesi ini, Bapak Shauqi berperan sebagai HRD yang sedang mewawancarai pelamar kerja. Bapak Shauqi memberikan berbagai pertanyaan untuk dijawab oleh peserta yang sedang diwawancara. Mengakhiri sesi, Bapak Shauqi memberikan tips bagaimana menghadapi pewawancara agar dapat meningkatkan kesempatan untuk dilirik oleh perusahaan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Medco Energi Internasional yang telah berkenan membagikan ilmunya yang sangat kompleks di FTUI. Ilmu yang dibawakan Shauqi G. Aleyandra ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami yang kelak akan menghadapi dunia pekerjaan. Ini merupakan bekal yang perlu dicermati bagi mahasiswa. Saya harap, peserta yang hadir dapat menggunakan ilmu yang diberikan sebaik mungkin,” ujar Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU selaku Dekan FTUI.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X