id
id

FTUI dan Pertamina Hulu Indonesia Jalin Kerjasama Strategis untuk Inovasi Energi Berkelanjutan

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) telah melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Unit Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Departemen Teknik Kimia (DTK) FTUI dengan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PT Pertamina Hulu Indonesia Regional 3 Zona 9. Seremoni ini diadakan pada Senin, 20 Mei 2024 di Smart Room DTK FTUI, Depok. Prosesi penandatanganan dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Budiman Sarwidi selaku Manajer HSSE Operations Zona 9 PT Pertamina Hulu Indonesia.

Dalam sambutannya, Prof. Heri Hermansyah menyoroti pentingnya kolaborasi dan sinergi antara institusi pendidikan dan industri. “Kerjasama ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kolaborasi antara akademisi dan industri. Melalui kolaborasi ini, FTUI berharap dapat menciptakan solusi inovatif yang berdampak positif bagi industri energi dan efisiensi sumber daya di Indonesia. Kolaborasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat di FTUI.”

Kerjasama ini mencakup tiga aspek, yakni Kajian Life Cycle Assessment di PT. Pertamina EP Tanjung Field, Sangasanga Field, dan Sangatta Field (TSS); Life Cycle Assessment di Pertamina Hulu Sanga Sanga; serta Jasa Pendampingan Program Penunjang Operasi HSSE di Pertamina EP Head Office Zona 9. Diharapkan, melalui kerjasama ini, dapat tercipta inovasi-inovasi baru yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan operasional di industri energi dan efisiensi sumber daya.

“Kerja sama ini sejalan dengan visi kami untuk meningkatkan keselamatan dan keberlanjutan dalam operasional kami. Dengan dukungan dari FTUI, kami yakin dapat mencapai standar yang lebih tinggi dalam operasional HSSE dan dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan bagi industri energi nasional,” ujar Budiman.

Unit Pelayanan Pada Masyarakat (UPPM) DTK FTUI merupakan unit yang didirikan untuk mendukung upaya realisasi visi dan misi Departemen Teknik Kimia FTUI. Dalam fungsinya, UPPM DTK FTUI memberikan pelayanan laboratorium dan teknik, konsultasi dan pelatihan teknik kimia untuk masyarakat industri, lembaga-lembaga pemerintah dan institusi/komunitas lainnya. Dengan penandatanganan kerjasama ini, FTUI melalui UPPM DTK FTUI dan PT Pertamina berkomitmen mempererat kerja sama dalam mengembangkan penelitian dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat dan industri, serta mendukung upaya menuju keberlanjutan dan keamanan energi nasional.

Seremoni Penandatanganan Perjanjian Kerjasama turut dihadiri oleh Ahmad Zuhal Fachri (Assistant Manager Environmental Zona 9); Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto (Manajer Kerjasama, Ventura, dan Alumni); Dr. Bambang Heru Susanto, ST., MT (Ketua Departemen Teknik Kimia); Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR (Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum); Khusnul Khatimah, S.K.M., M.M. (Manajer Proyek UPPM DTK FTUI) serta beberapa perwakilan UPPM DTK FTUI lainnya.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X