id
id

FTUI Gelar Walimatus Safar untuk 4 Orang Calon Jemaah Haji FTUI 1445 H

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menggelar acara Walimatus Safar (Syukuran dan Pelepasan Haji) untuk dosen dan tenaga kependidikan FTUI yang akan melaksanakan ibadah haji pada tahun 1445 Hijriah. Acara ini diadakan pada Senin (03/06) di Makara 04 Smart Meeting Room FTUI, dan dihadiri oleh sejumlah sivitas akademika yang hadir untuk memberikan dukungan dan doa kepada para calon jemaah haji.

Acara Walimatus Safar diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk sambutan, pemberian cinderamata, ucapan pamit dari calon jemaah haji, kultum, doa bersama, serta ucapan syukur dan selamat bagi sivitas yang akan berangkat menunaikan ibadah haji. Walimatus Safar dihadiri tiga dosen yang berkesempatan melaksanakan ibadah haji pada tahun ini, yakni Prof. Yandi Andri Yatmo, S.T., M.Arch., Ph.D.; Prof. Paramita Atmodiwirjo, S.T., M.Arch., Ph.D.; dan Dr. Wisnu Isvara, S.T., M.T. Selain itu, Prof. Dr. Mochamad Chalid, S.Si., M.Sc.Eng. telah lebih dahulu berangkat untuk menunaikan ibadah haji.

“Terima kasih kepada calon jemaah haji yang sudah bersedia memenuhi undangan Walimatus Safar hari ini. Saya harap para calon jemaah haji mendapat kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji. Tentunya sivitas fakultas akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung segala kebutuhan terkait akademik yang perlu diselesaikan sebelum keberangkatan maupun selama berada di Tanah Suci,” ungkap Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, dalam sambutannya membuka acara ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada calon jemaah haji dan foto bersama. Pada kesempatan ini, Prof. Yandi, Prof. Paramita, dan Dr. Wisnu menyampaikan beberapa tutur pamit sebelum berangkat haji. Mereka menyampaikan rasa syukur dan harapannya agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji, serta rasa terima kasih atas doa dan dukungan dari seluruh sivitas FTUI.

Selanjutnya, Dr. lr. Muhammad Salman, S.T., M.I.T. menyampaikan kultum dan doa bersama. Beliau membawakan kultum dengan tema ‘Before, During, and After the Hajj Journey’. Bahwa haji bukan lah perihal menunggu panggilan, melainkan panggilan tersebut telah sampai sejak jaman nabi ibahim AS, dan kembali kepada bagaimana manusia merespons panggilan tersebut. Setiap muslim seharusnya memiliki keinginan untuk dapat menunaikan ibadah haji menyambut panggilan Allah.

“Setelah memperbanyak doa dan menunjukan keinginan kepada Allah, perlu dilanjutkan dengan ikhtiar. Begitu Allah mampukan kita untuk memenuhi undangan tersebut, maka jadilah kita sebagai tamu yang low profile. Berangkat dengan penuh kekhusuan dan ketundukan, sehingga lintasan hati kita senantiasa dipenuhi kebaikan. Pada hakikatnya, haji bukan hanya mengenai rangkaian ibadah, tetapi juga menjadi momen bagi kita untuk menapak tilas jejak orang-orang pilihan Allah, mengenai bagaimana berbagai peristiwa bersejarah umat islam yang terjadi disana,” ujar Dr. Salman.

Rangkaian Walimatus Safar ditutup dengan ucapan syukur dan selamat oleh tendik dan dosen kepada Prof. Yandi, Prof. Paramitha, dan Dr. Wisnu. Dengan penuh suka cita, FTUI melepas keberangaktan para calon jemaah haji dengan doa agar perjalanan ibadah mereka berjalan lancar dan penuh berkah.

Ditemui pada kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., menyampaikan, “Kegiatan Walimatus Safar ini adalah bentuk kepedulian dan kebersamaan sivitas akademika FTUI dalam mendukung para dosen dan tenaga kependidikan yang akan melaksanakan ibadah haji. Semoga para calon jemaah haji diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menunaikan ibadah di tanah suci, dan kembali ke tanah air dengan membawa haji yang mabrur.”

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X