id
id

FTUI Tawarkan Kerja Sama Pendidikan ke Oklahoma State University 

Universitas Indonesia (UI) siap menjalin kerja sama dengan Oklahoma State University (OSU), Amerika Serikat, khususnya di bidang kesehatan dan lingkungan. Peluang kerja sama ini dibicarakan dalam kunjungan OSU ke UI, pada Selasa (25/6), di Ruang Rapat A, Gedung Pusat Administrasi Universitas UI. Kunjungan yang dipimpin oleh Provost and Senior Vice President OSU, Dr. Jeanette Mendez, tersebut disambut baik oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.

Associate Provost and Dean of OSU Global, Dr. Randy Kluver menuturkan bahwa OSU merupakan kampus yang sangat mementingkan pembangunan berkelanjutan. Dalam beberapa tahun terakhir, OSU menempati posisi teratas di antara kampus-kampus Amerika Serikat dalam capaian tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya untuk indikator zero hunger dan partnership for the goals. Melalui sinergi keduanya, Dr. Randy berharap UI dan OSU mampu bersama-sama menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan yang lestari.

Menurut Prof. Dedi, kolaborasi antara UI dan OSU sangat mungkin direalisasikan karena keduanya memiliki fokus yang sama, terutama terkait masalah kesehatan dan lingkungan. UI tidak hanya menghadirkan lingkungan kampus yang sehat, tetapi juga menginisiasi UI GreenMetric yang mengajak universitas di seluruh dunia untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan.

Pada pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas beberapa bidang potensial untuk kerja sama, terutama dalam bidang kesehatan dan lingkungan. Diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan program-program yang bermanfaat bagi kedua universitas dan juga masyarakat luas. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian dan pengajaran di UI serta memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa dan dosen.

Tidak hanya terbatas pada bidang kesehatan dan lingkungan, kerja sama ini juga mencakup bidang sains dan teknologi. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FTUI, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., yang turut hadir pada pertemua tersebut, menyatakan bahwa ada peluang besar untuk mengembangkan program fast track master dan short course program antara UI dan OSU.

“Kami sangat antusias dengan peluang kerja sama ini. Program fast track master akan memberikan nilai tambah bagi mahasiswa kami, tidak hanya dari segi akademis tetapi juga dari pengalaman internasional yang akan mereka dapatkan,” ujar Prof. Mahmud. Ia juga menambahkan bahwa ada kemungkinan bagi kedua universitas untuk membuka program short course yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari kedua belah pihak.

Kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi UI dalam upayanya menjadi universitas kelas dunia. Dengan adanya program double degree, diharapkan dapat menarik minat mahasiswa internasional untuk menempuh studi di UI, sekaligus memberikan kesempatan bagi mahasiswa UI untuk merasakan pendidikan di luar negeri tanpa harus meninggalkan program studi mereka di Indonesia.

Ditemui di kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU. menyampaikan, ”Kerja sama ini juga akan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam bidang pendidikan tinggi. Diharapkan, kolaborasi ini akan membuka jalan bagi kerja sama di bidang-bidang lainnya, seperti penelitian bersama, pertukaran dosen, dan kegiatan akademis lainnya yang dapat memberikan dampak positif bagi kedua institusi.”

Dengan adanya kerja sama ini, UI dan OSU menunjukkan komitmen mereka untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan serta penelitian demi masa depan yang lebih baik. Kedua universitas berharap, kerja sama ini dapat segera terealisasi dan memberikan manfaat yang nyata bagi semua pihak yang terlibat.

Diskusi terkait peluang kolaborasi UI dan OSU juga dihadiri oleh delegasi dari masing-masing universitas. Perwakilan dari UI terdiri atas Direktur Kerja Sama UI, Dr. Toto Pranoto, S.E., M.M.; Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., dan Manajer Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI, Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, S.Kom., M.Sc.; Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jonathan Marpaung, Ph.D; Koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) Fakultas Kedokteran (FK) UI, Indah Susanti, S.Hum., M.M., Kasubdit Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA) Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP), FA Triatmoko H.S.

Sementara, perwakilan OSU, antara lain Dean of College of Engineering, Architecture, and Technology OSU, Dr. Hanchen Huang; Assistant Dean & Director of Global Partnerships, Dr. Jeffrey Simpson; Head and Professor, School of Industrial Engineering and Management, Dr. Guiping Hu; Professor, School of Industrial Engineering and Management, Dr. Lizhi Wang; dan Director of Global Health, OSU Center for Health Sciences, Dr. Jonathan Lowe.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X