id
id

46 Lulusan Baru Program Profesi Insinyur FT UI Laksanakan Angkat Sumpah Insinyur

Seperti semester-semester sebelumnya, pada Jumat (23/8), FTUI kembali menyelenggarakan Angkat Sumpah Profesi Insinyur di Ruang Makara 04 Smart Meeting Room, Gedung Dekanat FTUI. Sebanyak 43 dari 46 lulusan insinyur yang lulus semester ini turut hadir. Para insinyur ini secara resmi menjadi bagian dari 330 insinyur yang telah diluluskan oleh Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) FTUI dari sejak pertama berdiri.

“Gelar profesor insinyur merupakan sebuah kehormatan dan pengakuan atas keahlian serta kompetensi yang dimiliki oleh para profesional di bidang keteknikan. Dalam konteks ini, gelar profesi insinyur berbeda dengan gelar akademik lainnya. Gelar profesi ini mengacu pada pengakuan formal yang diberikan kepada mereka yang telah memenuhi kriteria tertentu, termasuk pengalaman praktis dan komitmen terhadap standar profesi yang tinggi,” tutur Plh. Dekan FTUI, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya.

Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Bapak Ir. Bambang Guritno, M.Sc., MPA., IPU., juga menggarisbawahi pentingnya perilaku profesional dalam bidang keteknikan. “Menjadi seorang profesional bukan hanya soal memiliki keahlian teknis, tetapi juga mengenai komitmen moral untuk memberikan yang terbaik dalam produk dan jasa yang dihasilkan,” ucapnya. Beliau juga memaparkan perkembangan signifikan keanggotaan dan jangkauan PII yang memiliki sekitar 86.000-87.000 anggota yang tersebar di 27 badan kejuruan pada sambutannya.

Dari 43 lulusan yang hadir dalam acara sumpah profesi insinyur, 24 orang lulus dengan predikat Summa Cum Laude, 13 orang Cum Laude, dan enam orang dengan predikat Sangat Memuaskan. Data ini disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Fitri Yuli Zulkifli, S.T., M.Sc., IPU, Ketua Program Studi PPI FTUI. Angka-angka ini mencerminkan standar akademik yang tinggi dan komitmen fakultas dalam melahirkan insinyur-insinyur unggul.

Acara disambung dengan prosesi pengalungan medali dan helm proyek yang dilakukan secara simbolis kepada dua perwakilan lulusan PS-PPI, yakni Ir. Daniel Sanjaya Sombe, dan Ir. Karla Karmala. Pengalungan medali diberikan oleh Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, selaku Plh. Dekan FTUI serta Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan. Sedangkan pemakaian helm proyek dilakukan oleh Bapak Ir. Bambang Goeritno Soekamto selaku Sekretaris Jenderal PII dan Bapak Ir. Muhammad Erpandi Dalimunthe, S.T., M.T., MKKK., IPM, selaku Ketua PII Wilayah Jawa Barat.

Usai prosesi pengalungan medali dan helm proyek, peserta secara bersamaan membacakan sumpah insinyur di bawah pimpinan Ir. Bambang Goeritno Soekamto. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta yang telah melaksanakan Angkat Sumpah Profesi Insinyur.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X