id
id

Konferensi Internasional Energi Terbarukan Tropis ke-4

Fakultas Teknik Universitas Indonesia kembali mengadakan konferensi internasional mengenai energi terbarukan. Energi terbarukan adalah salah satu pilar untuk mendapatkan lingkungan berkelanjutan global dan komitmen terhadap target perubahan iklim. Saat ini, pasar energi terbarukan terus mengalami kemajuan pesat. Pada tahun 2017, jumlah proyek surya baru telah memecahkan rekor dunia. Hal ini menunjukkan potensi energi terbarukan untuk melawan perubahan iklim dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Tahun ini, Fakultas Teknik Universitas Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Chulalongkorn, Thailand, untuk mengadakan International Tropical Renewable Energy Conference (i-TREC). Konferensi ini tidak hanya membahas tentang energi terbarukan tropis, tetapi juga forum utama untuk presentasi kemajuan baru dan hasil penelitian tentang “Energi Terbarukan di Negara-negara Tropis”.

I-TREC ke-4 2019 akan diselenggarakan pada 14-16 Agustus 2019 di The Anvaya Beach Resorts, Bali, Indonesia. Tema yang diangkat dalam i-TREC ke-4 ini adalah “Energi Berkelanjutan dan Lingkungan untuk Iklim Tropis”. Konferensi ini dianggap sebagai acara bergengsi yang diselenggarakan dengan motivasi untuk menyediakan platform internasional yang sangat baik bagi para akademisi, peneliti, insinyur, peserta industri, dan mahasiswa untuk berbagi temuan penelitian mereka dengan para pakar global. Selain itu, juga dapat menemukan mitra global untuk kolaborasi di masa depan.

Pembicara utama dalam konferensi ini adalah Prof. Steven Den Baars (University of California), Prof. Takahiko Miyazaki (Kyushu University, Jepang), Prof. Dr. Tawatchai Charinpanitkul (Chulalongkorn University), Dr. –Ing Eko Adhi Setiawan (Universitas Indonesia), dan Prof. Dr. Lee D. Wilson (University of Saskatchewan, Canada).

Selain itu, i-TREC ke-4 juga mengundang pembicara Dato’ Prof. Dr. Muhammad Idiris Saleh (Universiti Sains Malaysia), Prof. Dr. –Ing Andre Bardow (Aachen University), Prof. Bahruddin Saad (Universiti Teknologi Petronas, Malaysia), Prof. Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc, PhD (Universitas Indonesia), Prof. Dr. Anwar Usman (Universiti Brunei Darussalam), Prof. Ts. Dr. Haslinda Mohamed Kamar (Universiti Teknologi Malaysia) dan Dr. Ng Sha Shiong (Universiti Sains Malaysia).

Makalah yang telah diterima dan disajikan akan diterbitkan dalam jurnal internasional edisi khusus atau regular seperti berikut ini,

  1. International Journal of Technology (ranks in Q2 and indexed in SCOPUS)
  2. Engineering Journal (ranks in Q2 in the General Engineering subject category, and is indexed in SCOPUS)
  3. Evergreen – Joint Journal of Novel Carbon Resource Sciences & Green Asia Strategy, Kyushu University (ranks in Q3 and indexed in SCOPUS)
  4. Indonesian Journal of Chemistry (ranks in Q3 and indexed in SCOPUS)
  5. AIP Conference Proceeding (The Conference Proceedings Citation Index Scopus).
X