id
id

4 Virtual Laboratorium FTUI Siap Layani Kegiatan Praktikum Mahasiswa

Untuk mendukung program modernisasi Pendidikan, Empat Virtual Laboratorium Fakultas Teknik Univeristas Indonesia (FTUI) telah selesai. Untuk  memperkenalkan ke-empat laboratorium ini, FTUI mengadakan kegiatan Diseminasi Hasil Pengembangan Virtual & Remote Lab FTUI tahun 2022 (29/11) di Smart Meeting Room FTUI.

Pada tahun 2022 ini, Fakultas Teknik mendapat dana hibah dari Universitas Indonesia, untuk pengembangan 4 virtual lab baru dari 4 program studi dengan total Rp. 700 Juta. Program lab virtual pendidikan atau pengajaran ini dibuat dengan tujuan, dimana awalnya sistem praktikum yang biasanya berjalan secara konvensional ketika menghadapi masa pendemi dengan keterbatasan tetap bisa melakukan praktikum dengan menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan. Sehingga mahasiswa mendapat kesempatan melakukan praktikum dengan menggunakan virtual lab.

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., menyampaikan “FTUI saat ini memiliki program modernisasi pendidikan, sehingga diharapkan dari hasil diseminasi ini dapat mendukung program tersebut dan dapat mendorong lab-lab yang lain untuk ikut serta dalam membuat virtual lab, MOOCs (Massive Online Open Courses) dan program lainnya.”

Kedepannya virtual lab ini diharapkan bisa menjadi produk lab pengajaran. Melihat Fakultas Teknik sering mendapatkan lab visit, virtual lab dapat menjadi opsi ketika jadwal visit lab semakin padat. Sehingga ini bisa menjadi program yang tidak hanya memanfaatkan lab fisik yang ada, dengan kehadiran mahasiswa, tetapi juga dapat menggunakan virtual lab jika membutuhkan.

“Selain itu virtual lab sebagai produk lab pengajaran, memiliki nilai komersil, sehingga kedepannya dapat bermanfaat untuk banyak pihak Institusi pendidikan yang membutuhkan, dengan catatan sebelum dikomersilkan pihak FTUI maupun tim pengampu lab virtual, telah mendaftarkan hak cipta lab virtual yang telah dibuat agar kekayaan intelektual karya terjamin,” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Adapun lab yang pada tahun ini menerima hibah sekaligus menjadi narasumber kegiatan Diseminasi Hasil Pengembangan Virtual & Remote Lab FTUI, ada 4 lab dari 4 departemen, yaitu Departemen Teknik Sipil, laboratorium virtual konstruksi, Departemen Teknik Kimia, laboratorium virtual unit operasi proses, Departemen Teknik Mesin, laboratorium virtual CNC milling, Departemen Teknik Metalurgi dan Material, laboratorium virtual kimia dasar.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X