id
id

48 Guru Besar Terima Hibah Profesor FTUI 2022

48 Profesor FTUI menerima Professor Seed Fund 2022 yang diserahkan pada acara penandatangan Kontrak Program Hibah Profesor FTUI 2022 di Ruang SMR Dekanat FTUI (08/11). Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng, M.Sc. dan dihadiri oleh para Pimpinan Fakultas dan serta 48 profesor penerima hibah. Penandatangan kontrak Program Hibah Profesor FTUI 2022 dilakukan secara simbolis oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met yang disaksikan oleh Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng, M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan serta Prof. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M. Sc. selaku Ketua Dewan Guru Besar.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng, M.Sc. berharap melalui hibah penelitian ini, citation jurnal UI dapat meningkat. “Hibah seed funding ini memiliki beberapa tujuan, yang pertama memberikan penyegaran para profesor yang mungkin masih kurang dalam pendapatan dana penelitian ataupun masih memiliki mahasiswa s3 yang belum didanai. Tujuan kedua adalah untuk membantu UI dalam mencapai target dikti. Kemudian tujuan terakhir, yang paling utama adalah memperbaiki sitasi. Hal ini dikarenakan walaupun UI dalam acara-acara sudah berhasil menempati posisi terbaik, sitasi kita masih berada dibawah UGM. Oleh sebab itu dengan adanya seed funding ini diharapkan dapat meningkatkan nilai sitasi UI.”

Pada acara tersebut, Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T. selaku Manajer Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menjelaskan mengenai Program Hibah Profesor FTUI 2022. Program yang dilakukan hingga Oktober 2023 ini akan melakukan Monev pada bulan Juni 2023. Harapannya para penerima hibah dapat menyelesaikan program dengan baik sesuai tanggal penting yang telah ditentukan.

Program Hibah Profesor FTUI 2022 merupakan kegiatan penyelenggaraan program dan administrasi hibah yang diselenggarakan oleh Unit Kemahasiswaan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat FTUI yang pembiayaannya bersumber dari Dana Masyarakat (DAMAS) UI. Program ini berorientasi pada pelaksanaan engagement activities yang dilaksanakan oleh Guru Besar FTUI dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Para Profesor memilih salah satu skema yang ditawarkan sesuai dengan bidang kepakaran dan kompetensi masing – masing, yaitu Skema Hibah Riset, Skema Hibah Pengabdian Masyarakat, Skema Hibah Reverse Engineering, Skema Insentif Kerjasama, dan Skema Insentif Pendidikan. Harapannya melalui hibah ini, riset yang didanai dapat mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) selaras dengan program-program pemerintah.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X