Masa Bakti Dr. Ir. Hendri D. S. Budiono, M.Eng. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) akan berakhir pada Januari 2022. Selama empat tahun kepemimpinan beliau, FTUI melanjutkan transformasinya menjadi institusi pendidikan yang menjadi kebanggaan bangsa dan unggul di Asia Tenggara melalui berbagai pencapaian dan prestasi sivitas akademika.

Untuk menjaga proses suksesi kepemimpinan yang berkesinambungan, Panitia Seleksi Calon Dekan (PSCD) FTUI dibentuk sesuai dengan amanah Peraturan Rektor No. 11 tahun 2021 untuk menyelenggarakan Pemilihan Dekan periode 2022 – 2026.

Persiapan Pemilihan Calon Dekan FTUI telah berjalan sejak Agustus 2021 hingga akhirnya pembentukan Panitia Seleksi Calon Dekan (PSCD) FTUI disahkan melalui Surat Keputusan Rektor UI nomor 1570/SK/R/UI/2021 tanggal 15 September 2021 tentang pembentukan Panitia Seleksi Calon Dekan FTUI dengan dibantu oleh tim administrasi dan sekretariat.

Panitia Seleksi Calon Dekan (PSCD) FTUI terdiri dari:

  1. Ir. Dodi Sudiana, M.Eng (Ketua)
  2. Tania Surya Utami, S.T., M.T. (Sekretaris)
  3. Dr. Akhmad Hidayatno, S.T., M.BT. (Anggota)
  4. Agus Sunjarianto Pamitran, S.T., M.Eng. (Anggota)
  5. Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc., Ph.D. (Anggota)
  6. Nanang Sugianto, S.T. (Anggota – alumni FTUI)
  7. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. (Anggota – UI)
  8. Nuruli Exsiarni (administrasi dan sekretariat)
  9. Tikka Anggraeni (administrasi dan sekretariat)
  10. Muhbadi (administrasi dan sekretariat)
  11. Gunawan Heri Saputra (administrasi dan sekretariat)

Pada periode tanggal 27 September – 29 Oktober 2021, PSCD FTUI akan mengemban tugas menjaring, memverifikasi, menyeleksi seluruh berkas Bakal Calon Dekan (BCD) FTUI yang masuk hingga akhirnya mengerucut menjadi 5 nama Calon Dekan untuk diajukan ke Rektor Universitas Indonesia.

Untuk itu, PSCD FTUI mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk berkontribusi membangun FTUI, UI, dan Indonesia. Dekan FTUI diharapkan dapat meneruskan dan meningkatkan kualitas FTUI dengan berbagai inovasi menghadapi tantangan pandemi dan mendukung visi UI menjadi Entrepreunial University.

Seleksi Calon Dekan FTUI lebih didasarkan atas kompetensi dan integritas, di samping akseptabilitas seseorang calon dekan. Pada Seleksi Calon Dekan kali ini digunakan Istilah asesmen (assessment) dan bukannya penilaian, karena asesmen lebih luas dari sekedar penilaian. Asesmen menyiratkan adanya penelusuran (dokumen, riwayat dsb.) yang bertujuan untuk memperoleh penilaian yang kompleks dan komprehensif.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan pendaftaran Calon Dekan FTUI 2022-2026 dapat dilihat di www.eng.ui.ac.id/pemilihan-dekan dan http://selection.ui.ac.id.

FacebookTwitter
X