id
id

Angkat Isu Transisi Energi Dalam Meredam Krisis Iklim, FTUI Jalin Kolaborasi dengan Harian Kompas Gelar Kompas 100 CEO Forum: CEO On Stage

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan Harian Kompas menyelenggarakan Kompas 100 CEO Forum: CEO On Stage. Dilaksanakan pada (21/11/22) lalu, di Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ) Departemen Teknik Elektro (DTE) FTUI.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Talkshow dengan bahasan menarik, yaitu Taking Bold Actions Against Climate Crisis, diisi oleh beberapa pembicara hebat, yaitu Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Senior Investment Associate at East Ventures Gavin Adrian, Presiden Direktur Adaro Power Dharma Djojonegoro, dan Direktur Perencanaan Strategi dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE Fadli Rahman.

Saat ini, dalam menangani krisis iklim diperlukan suatu langkah nyata, yaitu dengan adanya Transisi Energi. Namun, langkah ini di Indonesia belum terlalu digalakkan. Langkah dalam menahan laju kenaikan suhu bumi pun harus dilakukan, melalui kerja sama dari berbagai pihak. Hal ini agar dapat meredam dampak buruk dari krisis iklim.

Dekan Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., menyampaikan, “Dalam proses menekan tingginya krisis iklim melalui transisi energi, diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk perguruan tinggi, penelitian-penelitian pun harus banyak dilakukan, guna menjadi jawaban atas transisi energi.”

Namun, menurut penuturan Dekan Heri, langkah semacam penelitian dalam menjawab transisi energi biasanya akan terhenti ketika penelitian itu selesai. Untuk itu, penelitian-penelitian semacam ini, perlu untuk diperhatikan dan berkesinambungan agar dapat menjadi jawaban atas transisi energi.

Kemudian, Senior Investment Associate at East Ventures Gavin Adrian, Presiden Direktur Adaro Power Dharma Djojonegoro dan Direktur Perencanaan Strategi dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE Fadli Rahman, membahas  Transisi Energi melalui peralihan penggunaan energi fosil menuju energi baru dan terbarukan (EBT) memang harus dilakukan dan pentingnya perilaku masyarakat untuk menggunakan energi ramah lingkungan dalam upaya meredam krisis iklim.

Melalui adanya Kompas 100 CEO Forum: CEO On Stage dengan topik Transisi Energi dalam Meredam Krisis Iklim diharapkan peserta dapat memahami isu-isu prioritas dalam hal ini masalah iklim yang tidak bisa untuk dikesampingkan.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X