Fakultas Teknik Universitas Indonesia telah melaksanakan Open House Webinar KKI FTUI pada hari Sabtu, 14 Mei 2022. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui platform zoom online meeting. Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FTUI, Prof. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU. dan Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. Selain itu acara ini juga menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Kepala Kantor PMB UI, Dr. Gunawan, ST., MT., Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum FTUI, Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. dan para Ketua dan Sekretaris Departemen di lingkungan FTUI.

Tahun ini, FTUI memiliki 96 calon mahasiswa baru S1 Kelas Khusus Internasional yang diterima melalui jalur seleksi talent scouting dan masih memiliki 145 kursi untuk jalur seleksi SIMAK UI, ditambah 4 kursi yang tidak mendaftar ulang dari jalur seleksi talent scouting. “Untuk batch pertama program KKI melalui talent scouting, dari seluruh siswa yang diterima mencapai persentase hampir 90% yang mendaftar ulang,” kata Prof. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU.

Prof. Dr. Ir Harinaldi dalam sambutannya menyampaikan, “Yang kami harapkan dari kegiatan ini, baik dari pihak sekolah, orangtua, maupun calon mahasiswa bisa memahami dengan baik terutama keunggulan-keunggulan dan manfaat yang dapat didapat bila mengikuti kelas-kelas khusus internasional di program pendidikan sarjana yang ada di Universitas Indonesia, khususnya di Fakultas Teknik UI.”

Pada sesi pertama, disampaikan paparan mengenai informasi profil umum FTUI, seperti sejarah singkat, akreditasi, termasuk pencapaian FTUI oleh Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum FTUI, Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. Dalam pemaparannya beliau mengatakan “FTUI sudah memiliki asesmen untuk menjamin mutu melalui beberapa ISO, sertifikasi-sertifikasi ini menjamin FTUI dapat memberikan pelayanan terbaik dari segi administrasi maupun pendidikan.”

Paparan selanjutnya adalah mengenai Sosialisasi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru S1 KKI Tahun 2022 oleh Kepala Kantor PMB UI, Dr. Gunawan, ST., MT. Dalam pemaparannya beliau mengungkapkan, “Untuk persentase keketatan kelas internasional, baik di Fakultas Teknik maupun fakultas lain kecuali kedokteran, memang angkanya masih kisaran kurang lebih 30%. Bisa disimpulkan satu kursi diperebutkan oleh 3-4  pendaftar.”

Sesi kedua, pemaparan mengenai profil masing-masing departemen yang ada di lingkungan FTUI oleh Para Ketua dan Sekretaris Departemen FTUI. Presentasi diawali oleh Departemen Teknik Sipil, lalu dilanjutkan Departemen Teknik Mesin, Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Metalurgi dan Material, Departemen Arsitektur, Departemen Teknik Kimia dan diakhiri oleh Departemen Teknik Industri.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X