Pada hari Kamis, (21/11/2019) Fakultas teknik UI kembali menganugerahkan gelar Doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FT UI, Sealtial Mau. Melalui disertasinya yang berjudul “Drag Reduction Aliran Fluida Lumpur dan Larutan Serat Nata De Coco di Dalam Pipa Spiral”, Sealtial resmi menjadi Doktor dari Departemen Teknik Mesin FTUI. Sealtial Mau merupakan doktor ke-70 dari Departemen Fakultas Teknik Mesin UI sekaligus doktor ke-340 Fakultas Teknik UI. Mahasiswa yang berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, ini telah lulus cumlaude dengan memperoleh IPK 3,98.

Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Yanuar, M. Eng., M.Sc. dan ko-promotor Dr. Agus S. Pamitran, ST., M. Eng. ini bertujuan untuk mendapatkan pengurangan hambatan dalam sistem perpipaan menggunakan pendekatan kontrol aktif dan kontrol pasif. Berdasarkan kajian dari beberapa peneliti, ditemukan banyak faktor yang mempengaruhi efisiensi aliran dalam kaitannya dengan hambatan drag. Dalam hal ini, aplikasi serat nata de coco sebagai aditif untuk dapat mereduksi hambatan drag pada buffer layer.

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi serat nata de coco pada pipa dapat meningkatkan pengurangan hambatan drag melalui reduksi drag pada buffer layer. Sementara itu, aplikasi pipa spiral untuk mengalirkan lumpur terbukti menurunkan kecepatan kritis pada aliran jika dibandingkan dengan pipa bulat.

FacebookTwitter
X