id
id

Buka Prodi Teknik Perkapalan Dan Teknik Bioproses, FTUI Persiapkan Mahasiswa Siap Bersaing Di Level Global

Dua Program Studi (Prodi) baru di Kelas Internasional, ditawarkan oleh FTUI untuk jenjang pendidikan Sarjana  Kelas  Internasional  (KI).  Kedua  prodi  baru  tersebut  adalah  Teknik  Perkapalan  dan  Teknik  Bioproses.   Adanya penambahan kedua prodi ini, menjadikan pilihan Prodi yang tersedia untuk jenjang Sarjana Kelas Internasional FTUI bertambah dari sebelumnya 7 prodi menjadi      9 prodi untuk penerimaan mahasiswa baru UI Tahun Akademik 2023/2024.

“Program Sarjana Kelas Internasional membuka kesempatan bagi mahasiswa FTUI untuk mendapatkan akses pendidikan berkualitas tinggi di kampus teknik terbaik di Indonesia dan luar negeri. Setelah menempuh pendidikan selama 3.5 – 4 tahun, saat lulus mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sarjana, dari UI dan dari perguruan tinggi mitra kami yaitu salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Diharapkan lulusan program ini akan mampu bersaing di kancah internasional dan memanfaatkan jejaring antarbangsa untuk berkarya kedepannya,” ujar Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., Dekan FTUI.

“Program Sarjana KI adalah program pendidikan UI yang memberikan pengalaman global dalam pembelajarannya dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar di kelas. FTUI telah menyelenggarakan program Double Degree KI sejak tahun 1999 dimana pada saat lulus mahasiswa akan mendapat dua gelar sarjana. Mulai tahun 2011, FTUI membuka program Single Degree dimana mahasiswa mendapatkan akses pendidikan di universitas mitra luar negeri selama minimal satu semester dan lulus dengan gelar sarjana dari UI. Batas usia pendaftar untuk program ini adalah lima tahun dari tahun lulus SMA,” ungkap Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan yang sekaligus Kepala International Office FTUI.

Prodi Teknik Perkapalan merupakan disiplin ilmu keteknikan yang berfokus pada rancang bangun kapal dan sistem perkapalan yang meliputi perancangan kapal, proses produksi, reparasi dan perawatan kapal, instalasi permesinan, peraturan kemaritiman dan pengetahuan dasar manajemen pengelolaan transportasi laut.

“Selain program single degree, kami juga memiliki mitra yang berkolaborasi untuk program Double Degree, yaitu Department of Naval Architecture Ocean & Marine Engineering University of Strathclyde, UK. Mitra ini menduduki peringkat satu di Eropa untuk bidang Marine/Ocean Engineering berdasarkan Shanghai University Ranking 2022. Saat ini kami juga tengah menjajaki peluang double degree dengan Seoul National University yang merupakan salah satu kampus terbaik di Korea Selatan,” kata Dr. Eng. Muhammad Arif Budiyanto, ST., MT., Ketua Program Studi Teknik Perkapalan FTUI.

Prodi Teknik Bioproses merupakan disiplin ilmu di bidang rekayasa kimia dan biokimia. Mahasiswa Prodi ini mempelajari dasar-dasar ilmu teknik dan rekayasa teknologi bioproses. Harapannya mahasiswa dapat mengelola sistem dan proses produksi biologi serta menyediakan solusi alternatif untuk masalah teknik biologi sesuai dengan etika profesional. Lulusan prodi ini diprediksi akan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja dan karya di bidang teknologi proses kimia.

“Prodi Kelas Internasional Teknik Bioproses dibuka baik untuk opsi single maupun double degree. Pada opsi double degree kami telah bermitra dengan dua universitas terbaik di Australia, Monash University dan the University of Queensland untuk menyediakan pendidikan internasional teknik terbaik di dalam dan luar negeri bagi para mahasiswa. Diharapkan kedepannya lulusan prodi kami dapat mengembangkan diri sebagai perencana dan pengelola industri serta mampu mengembangkan ilmu yang dimiliki khususnya untuk bersaing di dunia internasional,” kata Ketua Prodi Teknik Bioproses FTUI, Dr. Tania Surya Utami, S.T., M.T.

Pada tahun akademik 2023/2024 ini, FTUI membuka sembilan program studi sarjana kelas internasional untuk opsi single dan double degree. Kesembilan prodi tersebut adalah: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, dan Teknik Bioproses.

Penjelasan lebih lengkap terkait program sarjana kelas internasional di FT UI dapat dilihat di www.eng.ui.ac.id, www.international.eng.ui.ac.id, dan situs SIMAK UI (https://simak.ui.ac.id). Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs http://penerimaan.ui.ac.id

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X