Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia akan menyelenggarakan seminar dan workshop sehari dalam bidang Laser, optics, photonics dan aplikasinya dalam bidang healthcare (kesehatan), industri, pertahanan, dan bidang lainnya termasuk Telekomunikasi, LiDAR, dan metamaterial. Acara yang dinamakan PLOTA 2021 (Photonics, Lasers, Optical Technology and Applications) akan diselenggarakan pada 6 Juli 2021 secara daring dalam bentuk WEBINAR.

PLOTA 2021 merupakan rangkaian dari acara Keynote Speech Nobel Laureate Prof. Gerard Mourou yang akan diadakan pada acara Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2021 atau Universitas Indonesia’s Week of Welcoming (UI-WoW) di 27 Juli 2021 sekaligus  memperingati International Day of Light 2021 UNESCO. PLOTA 2021 akan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia Dr. Ir. Hendri DS. Budiono, M.Eng. dan akan dilanjutkan dengan keynote speech dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris.

PLOTA 2021 akan menghadirkan pakar-pakar di bidang laser, optics, dan photonics baik dari luar negeri maupun peneliti Indonesia pada dua sesi presentasi, satu sesi workshop serta satu sesi invited speakers dari Extreme Light Infrastructure Nuclear Physics, Romania. Sesi invited speakers akan menampilkan, Scientific Director (ELI-NP), Prof. Kazuo Tanaka dengan judul presentasi “Grasping Frontier of Physics Horizon with 10 PW Laser Beams at ELI-NP”, Prof. Razvan Dabu dengan judul presentasi “Technologies of Ultra-High Power Lasers”, dan Prof. Takahisa Jitsuno dengan presentasinya yang berjudul “Lasers for Fusion and Industrial Applications.” Selain itu juga ada Dr. Veselin Aleksandrov dari Vulcan Central Laser Facility, STFC Rutherford Appleton Laboratory, United Kingdom yang akan menyampaikan presentasi berjudul “Challenges in the Design of Nanosecond Pulse Stretchers for Petawatt Laser Systems.”

Sesi I akan berfokus pada tema Photonics, Lasers, Optical Technology and Applications in Healthcare, Telecommunication and Defense. Dengan pembicara: Dr. Prasandhya Astagiri Yusuf dari IMERI Fakultas Kedokteran UI akan memaparkan pemanfaatan laser dan optics dalam bidang kesehatan. Dr. Deni Ferdian dari FTUI akan membahas aplikasi laser dalam bidang pertahanan. Dr. Sasono Rahardjo dari BPPT akan membagikan ilmunya mengenai pemanfaatan bersama sumber daya sistem komunikasi kabel laut. Dr. Ucuk Darusalam, Wakil Rektor I Universitas Siber Asia akan memaparkan Masa Depan Komunikasi Optik Ruang Bebas.

Sesi workshop yang akan dipandu oleh alumni DTE FTUI, Dr. Masruri dengan virtual tour laser lab di LIPI oleh Dr. Isnaeni akan mengantarkan konsep dasar pengenalan laser dan optics kepada mahasiswa. Bagi yang tertarik dengan spesialisasi desain stretcher yang merupakan komponen penting dalam teknologi chirped pulse amplification, Dr. Veselin Aleksandrov dari Vulcan Central Laser Facility, Rutherford Appleton Laboratory Inggris akan memaparkan teori dan praktek desain Stretcher pada ns-pulse laser untuk petawatt laser facility.

Sesi II akan memfokuskan pada Session 2 – Photonics, Lasers, Optical Technology and Applications in related fields. Sesi ini menampilkan pembicara: Dr Viviana Vladutescu akan memaparkan Sistem LiDAR, prinsip kerja dan aplikasinya dalam pemantauan atmosfer, cuaca, dan metrologi dan Dr. Octavian Danila akan menjelaskan teknologi metamaterial dan metasurfaces yang memungkinkan penciptaan kamuflase tembus pandang optics di mana object menjadi kelihatan transparan.

Dengan muatan materi yang sehari penuh, acara ini diharapkan dapat memanaskan mesin riset dalam bidang Laser, Optics dan Photonics di Indonesia serta rekamannya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa baru sebelum mengikuti keynote speech dari Nobel Laureate. Mahasiswa Baru yang akan menjadi audience dari keynote speech Nobel laureate dapat mengakses rekaman kuliah ini untuk mengenal teknologi laser dan bidang yang ditekuni oleh Sang Nobel Laureate, Prof. Gerard Mourou.

Diharapkan seminar internasional sehari PLOTA 2021 yang diselenggarakan dalam 57 tahun FTUI ini dapat dimanfaatkan oleh warga Universitas Indonesia pada khususnya, Indonesia, Asia, dan internasional pada umumnya. Untuk informasi lebih lanjut pembaca dapat mengakses tautan www.plota2021.org.

FacebookTwitter
X