Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meresmikan berbagai fasilitas baru dan beberapa situs layanan digital terkait pendidikan dan penelitian. Peresmian tersebut dihadirkan dalam acara puncak Dies Natalis ke-57 FTUI yang mengangkat tema “Engineering for Indonesia”. Acara puncak perayaan tersebut berlangsung secara hybrid pada Sabtu, 4 September 2021 dan disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom dan live Youtube.

Fasilitas dan layanan digital baru ini ditujukan untuk menunjang digitalisasi FTUI sekaligus mendorong penelitian multidisipliner di FTUI, yaitu gedung i-CELL, layanan PAF Online, layanan Pusat Administrasi Penelilitian dan Inovasi (PAPI), tur virtual pameran produk penelitian FTUI, situs penggalangan dana Giving Back FTUI, hibah laboratorium Profesor X, dan acara bincang-bincang pada platform YouTube Fakultas Teknik UI, ProfCast yang akan menampilkan narasumber dari para dosen dan peneliti FTUI.

Dalam kata sambutannya, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D menyampaikan dalam sambutannya, “Berbagai fasilitas telah, masih dan akan terus dikembangkan oleh FTUI untuk melengkapi transformasi ini. Sebagian telah diresmikan dan dimanfaatkan oleh sivitas akademika FTUI, sebagian akan kita saksikan bersama peresmiannya hari ini pada acara perayaan Dies Natalis FTUI ke-57. Berbagai gerak langkah kerja dan karya FTUI terlihat dengan nyata. Perubahan kurikulum, perubahan infrastruktur, maupun perubahan penerapan sistem majemen dengan menerapkan standar sistem yang diakui secara nasional maupun internasional,” ujar Ari.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono selaku Dekan FTUI. “Salah satu bentuk bakti kami kepada Indonesia, Engineering for Indonesia, adalah berbagai produk inovasi dihasilkan sebagai bentuk applied engineering research yang telah dicanangkan terutama terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Pandemi ini sendiri merupakan salah satu pemacu percepatan perkembangan penelitian di FT UI. Gerak langkah kerja FTUI terbukti menghasilkan prestasi yang luar biasa di tingkat nasional maupun internasional, baik dari dosen maupun mahasiswa.”

Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia turut menyampaikan penghargaannya kepada FTUI dalam sambutannya. “FTUI telah menunjukkan sumbangsih yang besar bagi negara khususnya di masa pandemi COVID-19. Bukti kontribusi FTUI terhadap bangsa dapat dilihat dari produk-produk inovasi yang pembuatannya merupakan kolaborasi dari berbagai pihak seperti alumni, pelaku industri, dan pemerintah sebagai regulator.”

Pandemi COVID-19 dalam paparan Luhut mendorong terjadinya digitalisasi secara masif di masyarakat. Digitalisasi ini terjadi karena pandemi menuntut terjadinya perubahan secara besar-besaran di mana terjadi pembatasan aktivitas fisik manusia terbatasi yang membuat kegiatan harus dilaksanakan secara jarak jauh. “Terdapat tiga perubahan signifikan yang terjadi di Indonesia selama Pandemi pandemi, yaitu pembelajaran digital jarak jauh, meningkatnya literasi digital masyarakat, dan meningkatnya angka kelas menengah yang terbangun setelah digitalisasi terjadi,” ujar Luhut.

Gedung laboratorium pendidikan dan penelitian terintegrasi, integrated Creative Engineering Learning Laboratory (i-CELL) FTUI merupakan bangunan yang diproyeksikan sebagai wadah pengembangan riset dan inovasi multidisipliner dari berbagai cabang keilmuan teknik yang ada di FTUI. Selain fungsinya sebagai gedung riset multidisipliner, gedung i-Cell FT UI merupakan smart building yang ramah lingkungan di mana sumber daya listrik yang digunakan menggunakan panel surya dan menggunakan rain water harvesting sistem untuk menampung air. Dengan konsep ramah lingkungan yang diterapkan

 

secara komprehensif, gedung i-Cell FT UI merupakan pelopor pembangunan lingkungan hijau di kampus UI.

Sistem pelayanan Pusat Administrasi Fakultas (PAF) Online (http://paf.eng.ui.ac.id) merupakan sistem pelayanan administrasi daring berupa situs internet di mana para mahasiswa dan alumni dapat mengurus berkas administrasi yang diperlukannya seperti ijazah dan legalisir nilai dari mana saja secara daring. Sistem pelayanan Pusat Administrasi Penelilitian dan Inovasi (PAPI) memberikan layanan bantuan publikasi riset dan layanan bantuan kekayaan intelektual (HAKI). Digitalisasi layanan yang ada di PAPI berfokus kepada publikasi dan komersialisasi penelitian maupun inovasi. PAPI memiliki 13 pelayanan yang berfokus kepada pelayanan terpadu satu pintu (one stop service) terhadap kerjasama, publikasi, dan pendaftaran kekayaan intelektual hasil riset dan dapat diakses pada (http://papi.eng.ui.ac.id).

Giving Back FTUI merupakan situs penggalangan dana yang dibuka untuk masyarakat umum. Pada situs ini, FTUI membuka berbagai donasi untuk berbagai kebutuhan sivitas akademika FTUI seperti pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, bantuan kemanusiaan untuk mahasiswa, alumni maupun warga FTUI lainnya, maupun bantuan pengadaan fasilitas untuk penelitian dan pengajaran. Situs Giving Back FTUI dapat diakses pada http://giving.eng.ui.ac.id.

Lokasi acara puncak perayaan Dies Natalis ke-57 FTUI, lantai 2 gedung i-CELL yang juga merupakan tempat penyelenggaraan acara telah ditransformasikan menjadi area pameran berbagai produk penelitian dosen dan mahasiswa FTUI. Ke depannya FTUI berharap ruang pameran ini dapat menjadi wisata penelitian bagi masyarakat luas. Pameran ini dapat diakses secara langsung dan daring oleh umum. Pameran hasil penelitian FTUI ini juga dapat dinikmati melalui tur virtual pada https://bit.ly/BusinessMatchingFTUI.

FTUI juga mengumumkan penghargaan laboratorium hibah Profesor X kepada 12 guru besar berprestasi FTUI. Hibah tersebut nantinya akan diperuntukkan untuk membangun nama laboratorium baru di FTUI menggunakan nama guru besar yang mendapatkan hibah tersebut untuk mengembangkan penelitian di bidang ilmunya masing-masing. Selain itu FTUI juga menyampaikan Penyematan tanda kehormatan Satya Lancana Dharma Makara FTUI serta pemberian penghargaan khusus Dekan bagi sivitas akademika FTUI yang telah mengharumkan nama fakultas.

FTUI juga melakukan penanaman kapsul waktu yang diisi oleh impian dan harapan sivitas akademika FTUI dan akan dibuka 25 tahun yang akan datang pada tahun 2046. Acara ini ditutup dengan berbagai persembahan dari para alumni FTUI yang tersebar diseluruh dunia.

FacebookTwitter
X