Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan acara doa bersama dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-57 FTUI. Acara tersebut diadakan dengan tema “Doa Bersama Prayer for Indonesia: Demi Keselamatan Bangsa dari Pandemi Covid-19” yang diadakan secara daring melalui zoom dan live youtube Fakultas Teknik UI. Acara ini dihadiri oleh pimpinan fakultas dan departemen di lingkungan FTUI, beberapa dekan fakultas di lingkungan UI, pimpinan PAU, para dosen, tenaga kependidikan. alumni dan mahasiswa FTUI yang berjumlah sekitar 500 orang.

Dalam sambutannya, Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D. S. Budiono, M.Eng. memaparkan bahwa FTUI di tahun ini sebenarnya telah menyiapkan rangkaian acara yang ditujukan untuk merayakan Dies Natalis FTUI dengan meriah dan gegap gempita. Situasi negara yang masih memprihatinkan, membuat acara yang sudah dipersiapkan tersebut ditunda sebagai bentuk kepedulian, dan diganti dengan doa bersama untuk kebaikan bangsa.
“Tidak elok rasanya bila FTUI menggelar kemeriahan di tengah keprihatinan dan duka yang mendalam di masyarakat dan bangsa. Sebagai gantinya, hari ini, dari rumah masing-masing, mari kita tundukkan kepala, mengheningkan cipta, doa dari rumah, pray from home, prayers for Indonesia. Kita panjatkan doa dan berikhtiar ujian pandemi ini segera berakhir,” kata Dekan Hendri.

Selain Dekan FTUI, sambutan juga disampaikan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTUI 2021, Dwiki Prasetya yang mewakili mahasiswa FTUI. Dalam kesempatan ini, Dwiki Prasetya selaku Ketua BEM FTUI 2021 menyampaikan rasa prihatin terhadap kondisi pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia. Dwiki juga mengingatkan untuk terus memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan karena Pandemi Covid-19 ini nyata, berbahaya, dan ada di lingkungan sekitar.

Perwakilan alumni FTUI, Ketua Ikatan Alumni FTUI, Bapak Cindar Hari Prabowo, dalam sambutannya menyampaikan rasa sedih atas memburuknya situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia dengan meningkatnya jumlah kasus dan kematian selama tiga minggu ke belakang di mana alumni FTUI juga terdampak dengan wafatnya 27 alumni yang sebagian besar dikarenakan Pandemi Covid-19 pada tanggal 5 – 16 Juli 2021. Cindar juga memaparkan pentingnya peningkatan kolaborasi yang sudah terjalin antara ILUNI FTUI dengan FTUI di bidang penelitian maupun produksi barang yang dapat dimanfaatkan dalam penanganan pandemi Covid-19 seperti Ventilator Covent 20 serta pembentukan satgas Covid-19 bagi para alumni.

Doa bersama Prayer for Indonesia, sebagai ungkapan syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa sekaligus memohon berkah dan rahmatnya agar situasi pandemi di Indonesia lekas mereda dipimpin oleh Ketua Dewan Kemakmuran Musholla Teknik Next Level sekaligus Ketua Program Studi Teknik Komputer dan Ketua Program Profesi Insinyur FTUI, Dr. Muhammad Salman, S.T., M.T. Dalam pembacaan doa ini, Salman menyampaikan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang diberikan atas pencapaian yang FTUI capai di usianya yang ke-57 tahun.

Selain itu, Salman dalam doa tersebut juga menyampaikan harapannya agar FTUI dapat terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa. “Semoga di umur yang ke-57 tahun ini, FTUI dapat menjadi tempat bersemainya ilmu yang bermanfaat bagi bangsa dan jadikanlah tempat ini sebagai mata air yang terus mengalirkan banyak kebaikan,” kata Salman.

Selepas pembacaan doa bersama, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu” Padamu Negeri” diiringi pemutaran video kolase kontribusi yang telah FTUI berikan bagi Indonesia. Pemutaran lagu tersebut dilanjutkan dengan pemutaran video ucapan selamat Dies Natalis ke-57 FTUI sebagai penutup. Ucapan selamat tersebut datang dari para pimpinan fakultas dan lembaga di UI serta tokoh masyarakat serta mitra FTUI dari dalam dan luar negeri.

FacebookTwitter
X