Internet of things  (loT) telah berkembang pesat dan banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi guna meningkatkan kualitas hidup manusia. Berbagai perangkat loT bersama dengan perangkat elektronik lain membentuk interkoneksi global sebagai jaringan yang terbesar di dunia. Pertumbuhan jaringan loT memberikan tantangan dalam infrastruktur jaringan loT, salah satunya dalam aspek keterbatasan sumber daya baik sumber daya perangkat, energy, kemampuan komputasi maupun memori. Dalam hal ini, komunikasi nirkabel memiliki peran yang signifikan dalam penggunaan sumber daya dan proses rounting memiliki peranan penting untuk menghasilkan penggunaan sumber daya yang efisien.

Perkembangan ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa banyak makhluk hidup di alam yang memiliki fenomena perilaku yang menunjukkan kecerdasan dalam memperoleh atau mengoptimalkan sumber daya. Kecerdasan ini memberikan inspirasi terhadap beberapa teknik algoritma untuk optimasi. Algoritma tersebut bersifat heuristik dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan kompleksitas komputasi yang rendah. Pemanfaatan algoritma tersebut dapat memberikan keuntungan bagi perangkat dengan sumber daya energi dan komputasi yang terbatas. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini berupaya melakukan efisiensi penggunaan sumber daya pada kegiatan rounting di jaringan loT dengan berbasis algoritma yang terinspirasi oleh alam, yaitu organisme bersel satu physaru polycephalum.

Dr. Lukman Rosyidi berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan para penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Harry Sudibyo, M.Sc., Prof. Dr-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng., Prof. Dr. Ir. Bagio Budiardjo, M.Sc., Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng., Prof. Ray-Guang Cheng, Ph.D., dengan Promotor Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc. dan Ko Promotor Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng. (10/1/2019).

FacebookTwitter