id
id

Doktor FTUI Teliti Pengembangan Proses Pirolisis untuk Produksi Asap Cair

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menganugerahi gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FTUI, Nasruddin. Dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer, DEA dan Prof. Dr-ing Nandy Setiadi Djaya Putra, Nasruddin berhasil menyelesaikan disertasi untuk gelar doktornya yang berjudul “Kajian Eksperimental Produksi Asap Cair dengan Pirlolisis Berbasis Transfer Kalor Menggunakan Bahan Baku Biomassa Lokal Indonesia”.

Disertasi dari mahasiswa Departemen Teknik Mesin UI ini membahas mengenai asap cair (pyrolysis oil) yang merupakan produk dari proses pirolisis dari bahan baku biomassa yang dapat digunakan sebagai bahan bakar, bahan pengawet, dan bahan kimia dasar. Produk cair dari hasil pirolisis ini dipengaruhi oleh banyak parameter operasi dan jenis bahan baku. Hasil dari penelitian Nasruddin ini menunjukkan bahwa heat pipe  sebagai condenser pada liquid collection system mampu menurunkan temperature uap hingga mendekati temperatur ruangan dengan jumlah produk cair maksimal 42,5 wt%. Jumlah produk cair pada proses pirolisis menurut Nasruddin dapat diprediksi dengan menggunakan variable difusivitas termal bahan baku laju pemanasan dan temperatur uap pada zona reaksi.

Tidak hanya itu, Doktor ke-324 FT UI ini juga telah mempublikasikan sejumlah karyanya di berbagai jurnai nasional maupun internasional. Karya Nasruddin juga banyak diseminarkan pada berbagai konferensi dan prosiding. Nasruddin bahkan telah menerbitkan buku karyanya dan timnya, yang berjudul Pengembangan Proses Pirolisis untuk Produksi Asap Cair. (Humas FT UI)

X