id
id

Doktor FTUI Teliti Penggunaan Material PCM (Phase Change Material) Dalam Sistem Penyimpanan Energi Panas

Pada Senin, 6 Juli 2022, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FTUI, Ida Ayu Nyoman Titin Trisnadewi. Pada usia 26 tahun, Titin dinyatakan lulus pada program Doktor di Departemen Teknik Mesin FTUI setelah menempuh sidang disertasinya yang berjudul “Pengembangan Phase Change Material organik terbarukan berbahan dasar Natural Wax sebagai Material Thermal Energy Storage Pada Bangunan”. Dibawah bimbingan Promotor Prof. Dr.-Ing. Nandy Putra dan Co-Promotor Ibu Eny Kusrini, Ph.D. Titin lulus sebagai salah satu lulusan Program Doktor termuda di FT UI dan tercatat sebagai Doktor ke-91 Teknik Mesin UI sekaligus doktor ke-459 FTUI. Ia berhasil pula meraih predikat cumlaude dengan IPK tertinggi 4.00.

Topik disertasi yang diangkat oleh Titin berkait dengan penggunaan material PCM (Phase Change Material) dalam sistem penyimpanan energi panas (Thermal Energy Storage). Permintaan pendinginan di sektor bangunan tumbuh pesat di daerah tropis karena zona iklim tropis menerima radiasi matahari dalam jumlah besar, periode hari yang cerah dalam setahun, kelembaban tinggi, dan suhu tinggi. Iklim di daerah tropis menyebabkan bangunan menyerap lebih banyak panas dan membuat kondisi yang tidak nyaman bagi orang-orang di dalamnya. Kondisi temperatur udara yang tidak nyaman juga dapat disebabkan oleh bangunan itu sendiri, seperti bahan yang dipilih untuk konstruksi. Saat ini banyak penelitian yang membahas bahan bangunan yang dapat menjadi metode pasif untuk mencapai efisiensi energi dan kenyamanan termal. Dengan kondisi tersebut, diperlukan teknologi penyimpanan energi untuk efisiensi penggunaan energi di berbagai sektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan material PCM dan mengukur tingkat  efektivitas penggunaan alat uji siklus termal terhadap material sebagai representasi pengaplikasian material pada kondisi sesungguhnya dan mengetahui perubahan sifat termal penggunaan PCM pada dinding ruangan terhadap suhu dalam ruangan.

Titin merupakan salah satu dari 2 orang peraih beasiswa PMDSU batch IV dari KEMENDIKBUD RISTEK di FTUI. Beasiswa PMDSU (Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) yang merupakan beasiswa yang ditawarkan bagi lulusan sarjana terbaik di Indonesia untuk melanjutkan kuliah magister hingga doktoral. Selama perkuliahan doktoral ini Titin juga sempat mengikuti program Beasiswa PKPI (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah) yang juga merupakan bagian dari skema program PMDSU yaitu program internship di Rennes University Institute of Technology (Institut Universitaire de Technologie de Rennes) selama 6 bulan. Program beasiswa dan internship ini diberikan oleh pemerintah dalam rangka untuk meningkatkan kualitas para sarjana sehingga menjadi sarjana yang memiliki daya saing yang cukup kuat. Program beasiswa ini disusun untuk meningkatkan kualitas pendidikan magister yang ada di Indonesia.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X