id
id

Doktor Teknik Mesin, Edy Susanto, Buat Program Energi Labeling Indonesia sebagai Penghemat Energi pada Lemari Pendingin

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FTUI, Edy Susanto. Pria kelahiran Medan ini dinyatakan lulus pada program Doktor di Departemen Teknik Mesin FTUIsetelah menempuh sidang disertasinya yang berjudul “Potensi Penghematan Energi pada Lemari Pendingin dengan Program Energi Labeling Indonesia” pada Jumat, 28 Juni 2019. Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Idrus Alhamid dan ko-promotor Dr.-Ing. Ir. Nasruddin, M.Eng ini bertujuan untuk mencari operasi optimum yang menyebabkan penurunan konsumsi energy pada lemari pendingin.

Dari hasil penelitiannya, konsumsi energi mengalami penurunan 39,09% bila melakukan setting thermostat point 4, dan 3,92% untuk penggunaan massa refrigerant 43 gram serta 19,81% untuk pemakaian nanopartikel dengan massa fraksi 0,2 wt% atau secara asumsi nasional didapat peluang penghematan energy untuk lemari pendingin 2 pintu sebesar 4,43 GWh/tahun. 

Tidak hanya berhasil meraih gelar doktor dengan predikat terbaik, Edy Susanto juga telah menulis dan mempublikasikan berbagai karyanya di jurnal maupun seminar nasional dan internasional. Karya Edy Susanto yang sudah dipublikasi tersebut di antaranya, yaitu “Characteristic of Airflow and Heat Transfer on Serpentine Condenser Pipes with Attached Convention Plates in Open Channel” yang sudah terindeks scopus Q2, “An Experimental Investigation on Mass Effect of Hydrocarbon Refrigerant (R600a) on Househould Refrigerator Energy Consumption”, “An Experimental Investigation into The Effect of Thermostat Setting on The Energy Consumption of Househould Refigerators” yang sudah terindeks scopus Q2, dan masih banyak lagi. (Humas FT UI) 

X