id
id

DTSL FTUI dan PT MIDASINDO Teknik Utama Selenggarakan Seminar Desain dan Struktur Bangunan Gedung dan Fondasinya

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTSL FTUI) bekerja sama dengan PT MIDASINDO Teknik Utama, menyelenggarakan seminar dengan tajuk “Desain Struktur Bangunan Gedung dan Fondasinya”. Seminar ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu daring melalui platform Zoom Meeting dan luring di Gedung GK Lantai 3 FTUI, pada Rabu (26/10/22), ukul 09.00—16.00 WIB.

Dalam pembukaan seminar ini, dibuka dengan sambutan secara luring dari Ketua DTSL FTUI, Ayomi Dita Rarasati, S.T., M.T., Ph.D., “Kerja sama antara DTSL FTUI dan PT MIDASINDO Teknik Utama sudah berlangsung beberapa kali. Kerja sama ini tentunya sangat bermanfaat, baik dari segi struktur ataupun nonstruktur. Terima kasih banyak PT MIDASINDO Teknik Utama, mudah-mudahan kerja sama ini bisa terjalin terus dengan baik”.

Turut hadir pula memberikan sambutan secara daring, CEO PT MIDASINDO Teknik Utama, Dr. Ir. FX Supartono, “Berkembangnya ilmu arsitektur berpengaruh terhadap perkembangan teknologi sehingga kita dituntut untuk mendesain bangunan yang lebih efektif dan efisien, dengan memanfaatkan software yang canggih. Untuk itu, FTUI dan PT MIDASINDO Teknik Utama melakukan perjanjian kerja sama dengan memberikan 200 software berlisensi kepada mahasiswa DTSL FTUI, guna menunjang tugas perkuliahan. Selain itu, adanya kerja sama ini juga sebagai upaya menghindari penggunaan software bajakan di lingkungan mahasiswa”.

Seminar Desain Struktur Bangunan Gedung dan Fondasinya diisi oleh para pembicara hebat di bidangnya, seperti Ir. Sjahril Abdul Rahim, M.Eng., Dosen Universitas Indonesia dan Anggota TABG DKI Jakarta, memaparkan mengenai “Analisis dan Desain Seismik Bangunan Sesuai SNI”, Dr.-Ing. Josia Irwan Rastandi, S.T., M.T., Dosen Universitas Indonesia dan Anggota TABG DKI Jakarta, memaparkan mengenai “Perilaku Dinding Bata pada Struktur Bangunan: Antara Pemodelan dan Realita”, Dr. Ir. Gouw Tjie-Long, M.Eng., ChFC, Dosen Universitas Katolik Parahyangan, memaparkan mengenai “A Sample Calculation of Simple Pile Raft Foundation by Midas GTS NX”, Eddie Hong, M.Sc., Global Building & Structure Manager Midas IT Korea “Performance Based Design”, Ir. Theresia Singgih, M.T., Modeling Specialist PT MIDASINDO Teknik Utama, memaparkan mengenai “Case Study: Performance Based Design Using Midas Gen”.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X