id
id

Dua Mahasiswa Kelas Internasional FTUI Raih People’s Choice Award di Monash’s FYP Poster Presentation

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI). Kali ini dua orang mahasiswa Program Double Degree Kelas Internasional Program Studi Teknik Kimia angkatan 2018 meraih penghargaan People’s Choice Award pada ajang Monash’s FYP Poster Presentation. Kedua mahasiswa tersebut adalah Beatrix Theodor Valentia dan Deandra Nuzulika Ramadhanti yang sedang melanjutkan pendidikan di Monash University. Monash’s FYP Poster Presentation dilaksanakan pada 2-6 Juni 2022.

“Kegiatan poster presentasi ini merupakan bagian dari rangkaian mata kuliah Final Year Project (FYP) yang berlaku seperti tugas akhir, dimana proyek kami berjudul: “Recovery of Critical Metals from Spent Nickel Metal Hydride Batteries by Hydrometallurgical Means Using Organic Acids as Leaching Agents” dibawah supervisi Professor Sankar Bhattacharya. Proyek kami bertujuan untuk mencari proses recycle terbaik untuk baterai NiMH bekas yang menumpuk di landfill, mengingat baterai NiMH adalah satal satu legacy waste terbesar,” kata Beatrix.

“Selain pengumpulan laporan tertulis untuk proyek tersebut, kami juga harus membuat poster yang dipresentasikan pada FYP Poster Session tersebut. Sesi presentasi diadakan di pada 2 Juni 2022, dimana di sesi itu, diadakan voting pemilihan poster terfavorite dan kami mendapatkan vote terbanyak dari sekitar 70 proyek yang ditampilkan. Mereka semua adalah mahasiswa yang mengambil tugas akhir seperti kami,” ungkap Deandra.

Penelitian Beatrix dan Deandrea memfokuskan pada proses manufaktur baterai nikel metal hidrida (NiMH) yang saat ini mencapai titik tertinggi sepanjang masa untuk memenuhi peningkatan permintaan pasar kendaraan elektronik. Hal ini kemudia menjadi masalah lingkungan, karena NiMH dibuat dari banyak logam kritis dan elemen tanah yang diperoleh dengan cara ditambang. Banyaknya penambangan untuk mencari materi ini secara aktif, menyebabkan kelangkaan pasokan.

Pemulihan limbah baterai saat ini terus berkembang sebagai alternatif solusi hal ini. Pelindian hidrometalurgi juga merupakan salah satu elemen kunci dari proses pemulihan logam. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan proses melalui pengembangan pelindian hidrometalurgi yang efektif dan ramah lingkungan melalui pekerjaan eksperimental, dan evaluasi pengaruh variabel proses pada efisiensi pelindian.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X