id
id

Dua Program Studi FTUI Raih Hasil Memuaskan pada Re-Akreditasi AUN-QA

Pada tanggal 14-18 September 2020 yang lalu, kembali dilaksanakan proses asesmen ulang bagi dua program studi Teknik Mesin dan Teknik Kimia Fakultas Teknik UI dalam rangkaian kegiatan the 179th AUN-QA Assessment at Program Level. Proses re-asessmen ini selain dilaksanakan untuk kedua program studi tersebut juga dilaksanakan untuk Prodi Akuntansi dan Ilmu Ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

Berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, di tengah pandemi COVID-19 yang belum mereda di Indonesia, proses assessment dilakukan secara virtual dan remote site visit dengan memanfaatkan platform Zoom Meeting. Rangkaian kegiatan asesmen meliputi pembukaan, wawancara, live streaming site visit untuk fasilitas-fasilitas program studi, fakultas dan universitas serta acara penutupan yang sekaligus merangkum finding result awal. Mekanisme daring ini adalah salah satu bentuk adaptasi AUN-QA di tengah pandemi, agar kegiatan asesmen tetap dapat berjalan tanpa mengurangi kualitas pelaksanaan.

Terdapat beberapa tahapan dari proses sertifikasi AUN-QA, yaitu tahap persiapan, pengumpulan dokumen SAR (Self-Assessment Report), site visit oleh para asesor, penilaian, dan pengumuman akhir untuk menentukan layak tidaknya mendapatkan sertifikasi.

Berdasarkan hasil pengumuman, kedua program studi berhasil melaksanakan Continous Quality Improvement dari hasil asesmen sebelumnya. Program studi Teknik Mesin berhasil mendapatkan penilaian Adequate as Expected sementara Program Studi Teknik Kimia berhasil mendapatkan penilaian Better than Adequate. Diharapkan kedepannya akreditasi internasional ini dapat meningkatkan mutu program studi dan daya saing lulusan pada tingkat global.

Akreditasi atau asesmen internasional yang dilakukan oleh lembaga akreditasi internasional merupakan salah satu bagian penting dalam Sistem Penjaminan Mutu Eksternal di Perguruan Tinggi. Pada tahun 2008, Departemen Teknik Mesin menjadi salah satu pelopor program studi di lingkungan Universitas Indonesia yang diakreditasi oleh AUN (Asean Unversity Network) dengan Departemen Teknik Kimia menyusul pada tahun 2010. Keikutsertaan FTUI dalam AUN-QA adalah bukti komitmen FTUI unuk terus meningkatkan kualitasnya agar dapat terus berkembang dan bertumbuh di tengah kompetisi global.

X