Sebagai rangkaian perayaan Dies Natalis 55 tahun, FT UI menyelenggarakan “Expo 55th Fakultas Teknik UI” dengan tema Membumikan Engineering untuk Indonesia. Pameran ini diselenggarakan pada tanggal 7-10 November 2019 di Atrium Utama Pondok Indah Mall 2. Acara ini merupakan kolaborasi antara Fakultas Teknik UI dengan Iluni FT UI. Rangkaian acara yang diselenggarakan adalah Open House FT UI, Pameran Karya Unggulan FT UI, Talkshow “Membumikan Engineering untuk Indonesia”, dan FT UI Goes To School.

Pameran hasil karya inovasi dan pameran pendidikan telah dilaksanakan mulai Kamis, 7 November 2019. Pada hari Jumat 8 November 2019, selain pameran karya inovasi dan pameran pendidikan juga dilakukan presentasi dari setiap departemen yang ada di lingkungan Fakultas Teknik UI dilanjutkan dengan Opening Ceremony dan talkshow “Tata Kelola Transportasi”.

Opening Ceremony dibuka dengan keynote speech dari Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Prof. Bambang Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D., serta Dekan FT UI Dr. Ir. Hendri DS. Budiono, M.Eng. Pada pidatonya, Prof. Bambang Brodjonegoro mengungkapkan demi mewujudkan Indonesia menjadi 10 besar perekonomian dunia pada tahun 2030 dan negara maju pada 2045, diperlukan perubahan paradigma dalam hal Penguasaan Iptek dan Inovasi oleh SDM Indonesia, sebagai basis pengembangan dan penguatan daya saing bangsa. Indonesia harus bertransformasi dari efficiency-driven economy menjadi innovation driven economy. Menteri Bambang menambahkan pengembangan riset dan inovasi di era ekonomi berbasis inovasi (innovation based economy) harus memperhatikan permintaan dan kebutuhan pengguna pasar/industri (demand driven).

Sementara Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono menyampaikan, melalui tema Dies Natalis FTUI ke-55 “Membumikan Engineering Untuk Indonesia”, FTUI berkomitmen meningkatkan kontribusi kepada masyarakat dengan melakukan edukasi kepada masyarakat guna meningkatkan ‘awareness’ akan pentingnya profesi insinyur.

“Engineer atau insinyur, dalam penyebutan sehari-hari, adalah setiap orang yang memiliki profesi dalam berbagai bidang keteknikan, tugasnya adalah merekayasa solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan pendekatan ilmiah dan teknologi”, ujarnya.

Beliau juga menjelaskan penyelenggaraan pendidikan di FTUI dilaksanakan dengan metode-metode pembelajaran terkini dengan mengedepankan riset-riset yang adaptif dan solutif terhadap permasalahan bangsa dan membawanya ke tengah masyarakat melalui Expo dan Pameran Produk Riset Inovasi Unggulan Fakultas Teknik UI di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan pada tanggal 7-10 November 2019, dengan harapan dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap Teknologi dan profesi perekayasa (engineer).

Mata acara kedua yaitu talkshow “Tata Kelola Transportasi” yang dimulai pukul 19.30-21.30 WIB. Di mata acara ini, turut menghadirkan panelis Direktur Utama Damri, Ir. Setia Milatia Moemin. Gelar wicara ini dimoderatori oleh Ahli Transportasi FT UI, Dr. Andyka Kusuma.

FacebookTwitter
X