Pada hari Jum’at, 9 September 2022, Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia menerima kunjungan dari Teknik Kimia Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwakerto. Kunjungan dosen dan laboran Teknik Kimia FTS UMP dimaksudkan untuk melakukan studi banding dengan Teknik Kimia FTUI guna meningkatkan kualitas akademik di lingkungan FTS UMP.

Dr. Bambang Heru Susanto, ST., MT (Ketua Departemen Teknik Kimia) menyambut UMP bersama dengan Dr. Dianursanti, S.T., M.T (Sekretaris Teknik Kimia), Apriliana Cahya Khayrani, S.T.P., M.Eng., Ph.D (Dosen Teknik Kimia), dan Muhammad Ibadurahman, S.T., M.T., M.Sc.Eng., Ph.D (Dosen Teknik Kimia).

Pertemuan dibuka oleh Dr. Bambang dengan menyampaikan terima kasih atas kunjungan UMP dan harapan nantinya Departemen Teknik Kimia melakukan kunjungan balasan ke Purwakerto. Selanjutnya Dr. Bambang memaparkan mengenai profil Departemen Teknik Kimia, Akreditasi LAM TEKNIK untuk S2 Teknik Kimia yang dijadikan sebagai program studi percontohan, kenaikan pangkat dosen lektor menjadi kepala lektor, pembentukan grup riset baru dan laboratorium-laboratorium riset. Beliau juga menjelaskan kerjasama internasional yang telah dilakukan Departemen Teknik Kimia dengan NCU, Curtin University, NTSU, dan beberapa universitas luar negeri lainnya.

Setelah diskusi dan tanya jawab mengenai masing-masing fakultas dan program studi, rombongan UMP yang dipimpin oleh Abdul Haris Mulyadi, S.T., M.T., Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FTS UMP, berkeliling untuk melihat labolatorium-labolatorium yang tersedia di Departemen Teknik Kimia. Sembari mengitari Departemen Teknik Kimia, Aprilia menjelaskan bahwa labolatorium di DTK merupakan sanitasi akses untuk penelitian, sehingga satu labolatorium bersifat fleksibel dan dapat digunakan beberapa grup riset. Menjelang siang, pertemuan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan plakat dari masing-masing perwakilan Teknik Kimia.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X