Fakultas Teknik Universitas Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai the Most Sustainable Faculty di lingkungan Universitas Indonesia. Penghargaan ini diserahkan oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met kepada Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada Selasa, 03 Desember 2019 di Balai Sidang Universitas Indonesia. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa FT UI merupakan fakultas dengan komitmen pengelolaan lingkungan hidup terbaik di dalam Universitas Indonesia selama dua tahun berturut-turut (2018-2019).

Wageningen University & Research, Belanda menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2019. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga diraih oleh University of Oxford, Inggris dan University of California Davis, Amerika Serikat. Di tingkat Indonesia, Universitas Indonesia (UI) kembali meraih predikat Kampus Hijau Terbaik, yang diikuti oleh Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gadjah Mada pada urutan kedua dan ketiga.

Adapun peringkat UI Green Metric untuk Faculty Ranking di lingkungan Universitas Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Psikologi
  3. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  4. Fakultas Ilmu Keperawatan
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  6. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Program Pendidikan Vokasi
  9. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  10. Fakultas Ekonomi & Bisnis
  11. Fakultas Ilmu Komputer
  12. Fakultas Hukum
  13. Sekolah Ilmu Lingkungan dan Sekolah Kajian Stratejik dan Global
  14. Fakultas Ilmu Administrasi
  15. Fakultas Farmasi
  16. Fakultas Kedokteran Gigi

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau. Tahun ini jumlah peserta mencapai 780 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya sebanyak 719 Perguruan Tinggi dari 81 negara di tahun 2018. Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2019 yaitu Bosnia dan Herzegovina, Estonia, Guatemala, Mauritius dan Uzbekistan. Di Indonesia, terdapat 72 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es) dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

FacebookTwitter
X