Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Fakultas Teknik Militer Universitas Pertahanan (FTM UNHAN), telah menjalin kesepakatan kerjasama dalam hal pendampingan penyusunan dokumen akreditasi untuk sejumlah program studi. Sebagai bentuk realiasi kerjasama tersebut, maka pada Selasa 2 Agustus 2022, FTM Unhan, menyelenggarakan Workshop tentang, Penyusunan Borang Akreditasi pada Prodi FTM Unhan (Workshop Prosedur Akreditasi LAM Teknik dan Sistem Penjaminan Mutu Internal). Kegiatan workshop dibuka langsung oleh Dekan FTM Unhan RI, Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng, di Gedung Auditorium, Kampus Bela Negara Unhan RI, Sentul.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari FTUI dan Persatuan Insinyur Indonesia yaitu, Kepala UPMA FTUI, Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc., Ketua Komite Evaluasi dan Akreditasi LAM Teknik FTUI, Prof. Dr.-Ing.Ir. Nasruddin, M.Eng., serta Anggota Komite Penjaminan Mutu dan Riset IABEE dan LAM TEKNIK, Prof. Dr. Ir. Rahmat Nurcahyo, M.Eng. Sc.

Dalam sambutan pembukaan workshop ini Dekan FTM Unhan yang juga Guru Besar Departmen Teknik Elektro FTUI, Prof. Muhamad Asvial menyampaikan, “Penyelenggaraan workshop ini merupakan kolaborasi FTM Unhan RI dengan akreditasi Teknik UI serta Unit Penjaminan Mutu Akademik Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UPMA FTUI)”.

Turut hadir memberikan sambutan, Wakil Dekan Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. “Pelatihan kepada program studi di Fakultas Teknik Militer Unhan ini merupakan tindak lanjut dari program kerjasama FTUI dan FTM Unhan RI. Dalam workshop ini akan diuraikan mengenai, prinsip dan ketentuan dasar akreditasi oleh LAM Teknik, pengenalan dokumen borang akreditasi dan evaluasi diri, dan pemahaman mengenai perlunya Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam mendukung kegiatan akreditasi Prodi”.

Sesi Paparan pertama oleh Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc., Kepala UPMA FTUI tentang Overview Singkat Mengenai Peran Unit Penjaminan Mutu Akademik Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Melalui paparannya dijelaskan FTUI sebagai salah satu Fakultas terbesar di Universitas Indonesia, dengan visi Unggul dan Berdaya Saing Global.

Tiga Strategi FTUI 2022-2026 menghadapi VUCA (volatility, uncertainly, complexity, ambiguity), yaitu Pertama Penguatan Entrepreneurship Keteknikan (Empowering Engineering Entrepreneurship). Kedua Peningkatan Kualitas Riset Inovasi, Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat Berdampak Tinggi (Impactful Research and Innovation). Dan ketiga Modernisasi Pendidikan Keteknikan yang Berdampak Tinggi (Modernization of Engineering Education).

Sesi kedua Pemaparan Mengenai Prosedur Akreditasi LAM Teknik disampaikan oleh Prof. Dr.-Ing.Ir. Nasruddin, M.Eng (Ketua Komite Evaluasi dan Akreditasi LAM Teknik FTUI). Dalam paparannya, Prof. Nasruddin menjelaskan bahwa Akreditasi memiliki peran penting untuk meningkatkan mutu program studi di perguruan tinggi. Akreditasi program studi dapat dikatakan sebagai ruh penjaminan mutu pada penyelenggaraan pendidikan tinggi, baik yang dilakukan secara internal melalui SPMI maupun eksternal melalui SPME.

Sesi ketiga Pemaparan Mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Rahmat Nurcahyo, M.Eng. Sc (Anggota Komite Penjaminan Mutu dan Riset IABEE dan LAM TEKNIK). Prof. Rahmat mengawali paparannya dengan pemahaman kualitas mutu, dimana teknik standard mutu pertama kali diperkenalkan oleh militer di Inggris dalam rangka meraih keunggulan persenjataan, yang kemudian diadopsi oleh badan standardisasi internasional (ISO) dan diperkenalkan kepada khalayak luas dan berkembang hingga saat ini. Dengan adanya penjaminan mutu makan akan ada inspeksi dan quality kontrol dalam rangka menjaga dan mencegah terjadinya pelanggaran.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X