id
id

FTUI Berkomitmen untuk Terus Perkuat Kerjasama Internasional Bersama Dengan LPS

Menindaklanjuti hibah riset kerjasama, Fakultas Teknik UI menerima kunjungan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada hari Rabu, 18 Januari 2023. Pertemuan yang diselenggarakan di Ruang Makara 04 Smart Meeting Room Fakultas Teknik UI ini dimaksudkan untuk membahas perkembangan terkait hibah riset kerjasama LPS-FTUI yang tertuang dalam turunan Perjanjian Kerja Sama (PKS) LPS-UI pada Maret 2022 silam. Hibah ini kemudian diimplementasikan melalui Scholars Engagement-Program for Natural Resources-based Research and Innovation (SEP-NRRI) yang merupakan program kerjasama antara FTUI dengan University of California Berkeley. SEP-NRRI disepakati untuk dilaksanakan pada periode April s.d. Desember 2022.

“Jika dilihat dari kondisi sekarang, perguruan tinggi tidak dapat terus berputar pada dunia sendiri. Penting bagi perguruan tinggi untuk terus melakukan dan memperkuat kerjasama, terutama kerjasama internasional yang mana dapat meningkatkan nilai international outlook sebuah perguruan tinggi. Seperti hal nya dalam ranking THE yang telah diraih oleh Fakultas Teknik, tingginya nilai international outlook menjadikan Fakultas Teknik sebagai yang terbaik di Indonesia. Kemudian hal ini juga dapat dijadikan sebagai modal yang membuka peluang kolaborasi dengan universitas-universitas lainnya di seluruh dunia,” ujar Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. dalam sambutan pembuka acara pertemuan.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Dr. Purbaya Yudhi Sadewa, Ph.D. menyampaikan pandangannya terkait pendidikan di Indonesia. “Saat ini, fokus kami dalam anggaran CSR – Corporate Social Responsibility – LPS adalah untuk sektor pendidikan, lingkungan, dan pariwisata. Terutama bidang pendidikan, kami ingin LPS kedepannya dapat lebih banyak berkontribusi guna mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Maka dari itu, hari ini LPS berkunjung untuk melihat sejauh apa progres mengenai SEP-NRRI dan apa saja hal-hal yang sekiranya dapat kami bantu lebih lanjut.”

Secara garis besar SEP-NRRI menaungi tiga program, yakni program Management Visit, program Young Scholar Visiting Research, dan program Research Grant for Selected Topic. Pada bulan April lalu, UI  beserta jajaran diikuti LPS melaksanakan program Management Visit ke UC Berkeley untuk menyaksikan kick-off kerja sama antara UI dan UC Berkeley. Dalam kunjungan ini, rombongan juga melakukan pertemuan dengan Diaspora Indonesia bidang keteknikan, Akselerator Startup Mind the Bridge, dan University of California Los Angeles (UCLA).

Kemudian di bulan September 2022, FTUI memberangkatkan tiga mahasiswa untuk mengikuti program Young Scholar Visiting Research selama satu tahun ke UC Berkeley. Pada program ini, mahasiswa melakukan riset bersama dengan pembimbing profesor dari UC Berkeley mengenai masing-masing topik riset. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Nadhilah Reyseliani dengan topik riset ‘Decarbonization Strategy for Energy Systems in Archipelagic Country’, Safira Candra Asih dengan topik riset ‘Pengembangan Teknologi M13-Phage sebagai Terapeutik dan Deteksi Virus Dengeu’, dan Syahrul Ramdani dengan topik riset ‘Brownian-Based Relaxation Viscocity Measurement for Cell Viability Assesment Using Magnetic Particle Imaging’.

Dalam program Research Grant for Selected Topic, LPS dan FTUI melakukan seleksi dan menetapkan hibah untuk 4 proposal riset. Hibah dalam program riset ini terbagi menjadi hibah penugasan untuk tiga proposal riset di bidang sustainable energy dan/atau biotechnology dan hibah kompetisi untuk satu proposal riset di bidang green economy. Dosen FTUI yang memperoleh hibah penugasan adalah Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA dengan judul riset ‘Pathway for Sustainable Energy Transition and Its Implications in Indonesia’s Power Sector’, Dr. Basari, S.T., M.Eng., dengan judul riset ‘Bioimaging Analysis for Diagnostic and Therapeutic Application’, dan Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng, dengan judul riset ‘Penggunaan Metode Surface Plasmon Resonance (SPR) pada Evaluasi Interaksi Nanobodi & Protein NS1 untuk Pengembangan Biosensor Infeksi Dengue’. Sementara Prof. Dr. Akhmad Hidayatno, S.T., M.B.T. berhasil memperoleh hibah kompetisi dengan judul riset ‘Evaluating the Food vs. Fuel Debate for the Palm Oil Industry to Find a Sustainable Pathway for Development in Indonesia based on Green Economy Principles’.

“Di bulan Februari mendatang, para peneliti FTUI yang menerima hibah riset akan melakukan visit ke UC Berkeley untuk melihat kemajuan riset yang telah dilakukan oleh peneliti muda FTUI yang telah diberangkatkan kemarin. Kemudian pada bulan Mei, profesor peneliti UC Berkeley akan balas berkunjung ke Fakultas Teknik UI. Selain ketiga program yang tercantum dalam SEP-NRRI ini, FTUI dan LPS juga akan melakukan kerjasama terkait dosen praktisi mata kuliah Engineering Economics yang akan diadakan dalam dua sesi,” ujar Dekan Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng. dalam penjabaran rencana kerjasama kedepannya.

Prof. Heri juga menjelaskan mengenai rencana kerjasama FTUI dengan MIT Energy Initiative. Beberapa peluang kerjasama yang dapat dijajaki adalah terkait pengembangan Massive Open Online Courses (MOOCs) serta labolatorium virtual, pengembangan riset terkait sustainable energy, dan global executive program untuk membuat keputusan-keputusan terkait bidang industri energi. Di luar ketiga hal tersebut, FTUI juga berencana untuk membuat kerjasama terkait program scholarship selama 6 bulan seperti program pemerintah IISMA untuk mengirimkan mahasiswa-mahasiswa FTUI ke MIT.

Turut hadir pihak rektorat UI dalam pertemuan, Prof. Dr. rer. Nat. Abdul Haris (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA. (Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset), serta Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. (Dekan Fakultas Hukum). Kemudian dari Fakultas Teknik UI turut hadir Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. (Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan) dan Dr. Agus Sunjarianto, S.T., M.Eng. (Kepala Departemen Teknik Mesin). Sementara dari pihak LPS turut hadir Lana Soelistianingsih (Kepala Eksekutif LPS), Ary Zulfikar (Direktur Eksekutif Hukum), Danu Febrianto (Direktur Eksekutif Keuangan), Rudi Rahman (Plt. Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia dan Administrasi), Dimas Yuliharto (Sekretaris Lembaga), Bambang Hidayat (Direktur Group Pusat Pendidikan dan Pelatihan), serta Seto Wardono (perwakilan Grup Riset).

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X