id
id

FTUI dan FT UNEJ Bahas Tata Kelola Kelembagaan dan Tracer Study dalam Kunjungan Benchmarking

Pada Rabu (01/02) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima kunjungan dari Fakultas Teknik Univeritas Jember (FTUNEJ). Adapun kegiatan yang dilakukan merupakan benchmarking dengan beberapa agenda di dalamnya, yaitu pembahasan tata kelola kelembagaan tingkat fakultas, akreditasi internasional, penjaminan mutu, dan tracer study.

Di awal pembahasan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI memaparkan berbagai hal tentang FTUI, mulai dari program studi hingga pemeringkatan baik nasional maupun internasional. Disampaikan juga bahwa FTUI kini berada di peringkat 1 secara nasional berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education World University Ranking 2023 (THE WUR).

Pihak FTUI memaparkan perihal mekanisme pemberian beasiswa di UI. “Secara umum, beasiswa dikelola secara terpusat oleh pihak rektorat UI melalui direktorat Kemahasiswaan dan disosialisasikan melalui lama beasiswa.ui.ac.id dan IG Kemahasiswaan UI dan Kemahasiswaan FTUI. FTUI juga mendukung dan mensosialisasikan beasiswa yang ditargetkan khusus ke mahasiswa FTUI seperti beasiswa dari Yayasan Mata Air Biru (MAB) dan beasiswa yang sifatnya berasal dari perusahaan bidang keteknikan,” jelas Prof. Yanuar.

Pihak FTUI juga menyampaikan bentuk dukungan pihak Dekanat terhadap aktivitas kemahasiswaan, seperti bantuan dana rutin untuk operasional lembaga kemahasiswaan, bantuan dana dukungan lomba nasional dan internasional. Selain itu, pihak Dekanat juga secara aktif melakukan pendampingan rutin dengan mendukung dosen pendamping khusus yang ditugaskan untuk lembaga kemahasiswaan dan atau lomba prestasi.

Terakhir pihak FTUI membagikan berbagai pengalamannya perihal pelaksanaan tracer study secara efektif dan efisien. Trace study FTUI dapat tercapai hingga 88% karena adanya kerjasama yang baik antara FTUI dengan Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Ui selaku pelaksana tracer study di tingkat universitas.

“Kami berharap pertemuan ini dapat ditindaklanjuti dengan adanya kerjasama antara FTUI dengan FTUNEJ. Salah satunya pengadaan program fast track, di mana mahasiswa menyelesaikan S1-nya di FTUNEJ dan S2-nya di FTUI” ujar Dekan FTUI di akhir pertemuan.

Kegiatan benchmarking ini dihadiri oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. (Dekan FTUI) didampingi Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. (Wakil Dekan I), Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D. (Wakil Dekan II), dan para manajer serta jajarannya. Turut hadir dari pihak FTUNEJ dalam pertemuan, Dr. Ir. Triwahju Hardinato, S.T., M.T (Dekan FTUNEJ), Dr. Ir. Rr Dewi Junita Koesoemawati, S.T., M.T (Wakil Dekan I), Ir. Sumardi, S.T., M.T (Wakil Dekan II), Dr. Ir. Bambang Sri Kaloko, S.T., M.T (Ketua Jurusan Teknik Elektro dan Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM)), Hari Arbiantara Basuki, S.T., M.T (Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Koord. Divisi Akreditasi dan SMM GPM), Dr. Ir. Gusfan Halik, S.T., M.T (Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Koord. Divisi Monev dan Audit GPM), Ir. Welayaturromadhona, S.Si., M.Sc (Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu (GPM)), Bambang Toni Prayogi, A.Md (Admin TI Gugus Penjaminan Mutu (GPM)), dan Ir. Syamsul Arifin, S.T., M.T (Ketua Tim Tracer Study FT).

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X