id
id

FTUI dan Kementrian ESDM Selenggarakan Workshop Inovasi Efisiensi Energi

 

Untuk mendorong inovasi-inovasi dalam bidang konservasi energi, Direktorat Konservasi Energi, Kementerian ESDM bersama Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan Workshop Inovasi Efisiensi Energi di Smart Meeting Room FTUI, Kamis (17/11).

Sebagai bentuk mendukung program pemerintah menuju Net Zero Emission, Kementerian ESDM terus melaksanakan berbagai program dan kegiatan guna mendorong pemanfaatan energi secara lebih efisien. Salah satu upaya yang dilakukan memberikan penghargaan Subroto bidang efesiensi energi, untuk menjaring dan mengapresiasi kalangan industri yang sudah berhasil melaksanakan upaya efisiensi energi baik secara utuh melalui manajemen energi maupun program-program inovasi lainnya. Sehingga Workshop ini diharapkan mampu membangun kolaborasi akademisi dan industri dengan menghadirkan narasumber dari beberapa penerima penghargaan Subroto bidang efisiensi energi Tahun 2022.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan, “Dalam pengelolaan energi suatu negara, perlu diterapkan tiga pilar yaitu: energy security, energy equity, environmental sustainability, yaitu ketahanan energi terutama pasokan energi yang handal, kesetaraan masyarakat untuk mendapat energi dengan harga yang terjangkau, dan yang terakhir menerapkan prinsip keberlangsungan lingkungan. Ini mengandung makna bahwa kedepan tidak semata pasokan energi dipenuhi dengan energi terbarukan namun juga dengan efisiensi energi.”

Plt. Direktur Konservasi Energi, Hendra Iswayuhdi dalam sambutannya menyampaikan, “Kami harap dengan acara ini dapat terjalin diskusi dari sektor industri dan akademisi dalam menggali lebih jauh potensi program efisiensi energi. Semoga apa yang disampaikan dapat memunculkan ide-ide baru yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya dan penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh akademisi dapat diangkat dan masuk di ajang penghargaan Subroto bidang efisiensi energi.”

Sementara Kepala Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan, Ketua Program Studi Magister Teknik Sistem Energi FTUI, Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA. menanggapai positif kegiatan Workshop Inovasi Efisiensi Energi, mengatakan “Dengan diselenggarakannya workshop ini, diharapkan rekan-rekan praktisi, institusi pemerintah, dan mahasiswa dapat melakukan sharing pengetahuan sehingga program-program efisiensi energi di Indonesia lebih maju.”

Adapun Narasumber dalam Workshop Inovasi Efisiensi Energi ini adalah tiga pemenang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM RI untuk Sub Kategori Inovasi Khusus Manajemen Energi di Industri dan Gedung:

  1. Pertamina EP Zona 7 Tambun Field, dengan tema “Konversi diesel engine menjadi mini gas compressor untuk meningkatkan produksi dan kinerja energi. Menuju Program Zero Routine Flaring 2030”,
  2. Indocement Tunggal Prakasa Tbk. Pabrik Citeureup dengan tema “Pengoptimalan pemakaian Spent Bleanching Earth (SBE) sebagai bahan bakar alternatif di Plant 11 Pabrik Citeureup dengan metodologi six sigma”, dan
  3. PLN Nusantara Power UP PAITON membawakan tema “Penerapan metode baru i-STACKING (Integrated Stockpile Thermography dan GPS Tracking) untuk menghemat energi berdasarkan temperatur batubara di PT PJB UP Paiton.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X