id
id

FTUI dan Newcastle University Kembangkan Kerja sama Bidang Energi

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima kunjungan Kerjasama dari Newcastle University pada hari Senin, 08 Mei 2023. Dalam kunjungan ini Newcastle University diwakili oleh Ms. Jo Geary Rathbone (Director of ASEAN Strategic Development) dan Dr. Stevin Pramana (Lecturer, School of Engineering – Indonesia Lead).

“Kesepakatan yang dicapai antara FTUI dan Newcastle University adalah untuk melakukan kerjasama dan kolaborasi dalam bidang riset dan akademik terkait energi. FTUI memiliki fokus strategi pada peningkatan kualitas riset inovasi, pengabdian dan pelayanan masyarakat berdampak tinggi, serta turut serta dalam mewujudkan program Net Zero Emission dan Renewable Energy. Saat ini FTUI telah memiliki program Magister Teknik Sistem serta the Institute for Energy Studies,” jelas Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU selaku Dekan FTUI.

Newcastle University sendiri memiliki program riset yang sejalan dengan bidang energi. Dr. Stevin Pramana, sebagai Indonesia Lead-Newcastle University, mengungkapkan harapannya agar Newcastle University dan FTUI dapat bekerja sama dalam hal riset dan akademik. Dr. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni FTUI, merespons positif dan menyatakan bahwa FTUI membutuhkan universitas mitra untuk menjalankan program Magister Double Degree di bidang energi.

Dari pertemuan tersebut, FTUI dan Newcastle University sepakat untuk mengirim staf akademik dari kedua universitas secara rutin untuk mengajar di universitas mitra dan mengirim staf mereka untuk menjalankan pendidikan program Magister Double Degree di FTUI di bidang energi. Selain itu, mereka juga menyepakati untuk menyediakan beasiswa bagi kedua institusi dalam program Magister Double Degree tersebut.

Kesepakatan ini akan memungkinkan kedua universitas untuk saling mendukung dan berkolaborasi dalam peningkatan riset dan akademik di bidang energi, serta memperluas wawasan dan pengalaman bagi staf dan mahasiswa dari kedua institusi.

Rombongan Newcastle University disambut oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., Manajer Pendidikan Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Dr.-Ing. Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni Ir. Dalhar Susanto, Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. Pendidikan Kepala Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan dan Ketua Program Studi Magister Teknik Sistem Energi Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA. Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC., Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan Prof. Dr. Ir. Akhmad Herman Yuwono, M.Phil.Eng, Ketua Departemen Teknik Kimia Dr. Bambang Heru Susanto, ST., MT. Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FMIPA Prof. Dr. rer. nat. Budiawan, Manajer Kerja Sama, Ventura, dan Hubungan Alumni Dr. Lukmanda Evan Lubis, M.Si dan Manajer Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat FMIPA Dr. Dipo Aldila, S.Si., M.Si.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X