FTUI kembali menyelenggarakan acara Halal Bi Halal sebagai wadah silaturahmi sivitas akademika FTUI pada Senin (09/05). Tradisi rutin Halal Bi Halal ini selalu diselenggarakan oleh FTUI setiap tahunnya pada hari pertama setelah libur lebaran. Kegiatan ini sempat berhenti diselenggarakan selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Tahun ini dengan melonggarnya aturan dan level PPKM Kota Depok, HBH FTUI 2022 diselenggarakan secara hybrid.

Hadir secara langsung di Ruang Smart Meeting Room Makara 04, Pengurus Dekanat Entrepreneur, Ketua dan Sekretaris SAF, Ketua dan Sekretaris DGB, Para Ketua dan Sekretaris Departemen, Para Ketua UKK, ILUNI FTUI dan BEM FTUI. Kegiatan HBH FTUI 2022 merupakan wadah silaturahmi dan simbolis mulai kembalinya aktivitas setelah selama satu bulan menjalankan ibadah Ramadhan.

Dalam sambutannya Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng. IPU menyampaikan perumpamaan metamarfosis binatang ulat dan ular sebagai proses transformasi FTUI. “Ada suatu metafora dari 2 binatang, ulat dan ular. Anggaplah Ramadhan adalah suatu proses, ulat dan ular ini juga berpuasa sama seperti kita. Ulat berpuasa, ia menjadi kepompong. Kemudian setelah melalui proses puasa, ulat bertransformasi menjadi kupu-kupu yang cantik dan siklus kehidupan kupu-kupu pun berjalan. Ia melakukan penyerbukan bunga, kemudian bunga tersebut berbuah, dan selanjutnya. Ada begitu banyak multified effect dari transformasi kupu-kupu tersebut,” kata Prof. Heri.

“Hewan lainnya, ular, juga berpuasa saat kulitnya sudah terlalu lama. Setelah ia berpuasa, ular berganti kulit sehingga menjadi baru kembali. Fakultas teknik melakukan siklusnya setiap 4 tahun, memilih dekan yang baru, kemudian 4 tahun berproses, dan memilih dekan baru kembali. Mudah-mudahan, selama 4 tahun kita bersama sama, kita juga bisa memberikan transformasi yang unggul berdampak untuk Fakultas Teknik yang lebih baik lagi. Mari bersama-sama bersinergi bangkit untuk negeri, sebagaimana hal tersebut merupakan tematik dari dies natalis tahun ini,” sambung Prof. Heri.

Selain sambutan dari Dekan FTUI, Ketua Senat Akademik FTUI, Prof. Kemas Ridwan Kurniawan, ST., M.Sc., Ph.D. membuka sambutannya dengan pantun hari raya. “Burung cenderawasih terbang ke awan, hinggap sebentar di pohon kelapa. Maaf dan kasih kami sampaikan, selamat bahagia di Hari Raya. Sebagaimana kita ketahui, kita telah mengalami distrupsi yang luar biasa besar akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan terjadinya domestifikasi kehidupan dan kegiatan kita selama lebih dari 2 tahun. Kami berharap semoga segala sesuatu ini bisa kita ambil hikmahnya. Bagi pengajar dan para dosen di fakultas teknik, situasi distrupsi ini dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk melakukan inovasi dan memperoleh pengetahuan baru yang bisa kita ajarkan kepada mahasiswa dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.”

Mewakili Senat Akademik, Prof. Kemas mengapresiasi upaya luar biasa manajemen FTUI selama 3 bulan belakangan. Beliau juga berharap agar acara halal bihalal tahun ini selain memperkuat silaturahmi dan menjadi momentum penting bagi sivitas akademika FTUI untuk kembali menengok kedalam fitrah sebagai dosen dan tendik dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi dan bagaimana kesiapan FTUI menghadapi era baru pasca pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Guru Besar FTUI, Prof. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M.Sc., Ph.D. menyampaikan beberapa informasi dalam sambutannya, “Saya ingin menyampaikan beberapa laporan yang mungkin selama ini hanya diketahui di lingkungan dewan guru besar. Sebagai wakil dari dewan guru besar fakultas teknik ui, kami laporkan bahwa pada saat ini di lingkungan fakultas teknik UI, kami telah memiliki 71 guru besar tetap dan aktif dari seluruh departemen. Selama tahun 2022 ini, kami telah memproses 6 dokumen calon guru besar FTUI. Alhamdulillah 4 calon guru besar yang terakhir kita rapatkan dapat diproses menuju tahap selanjutnya.”

Acara HBH FTUI dihadiri 244 peserta secara virtual melalui Zom. Acara ditutup dengan penayangan video ucapan selamat Idul Fitri dari mitra pemerintah, mitra dalam dan luar negeri, pimpinan UI dan dekan-dekan fakultas di lingkungan UI, para alumni, departemen, mahasiswa dan masih banyak lagi.

Taqobalallahu Minna Wa Minkum
Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X