id
id

FTUI Selenggarakan Konferensi Energi Terbarukan i-TREC 2020

Pada 29 – 30 Oktober 2020, FTUI kembali menyelenggarakan the 5th International Tropical Renewable Energy Conference (i-TREC) yang merupakan konferensi tahunan di bidang energi tropis terbarukan dan wadah bagi para peneliti untuk berbagi informasi dan hasil riset. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2016, sudah lebih dari 3000 makalah di presentasikan di konferensi internasional ini.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, i-TREC 2020 diselenggarakan secara virtual. Hal ini mengingat pandemi COVID-19 yang masih mewabah, membuat panitia merubah metode pelaksanaan dari presentasi langsung menjadi presentasi virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah The Role of Renewable and Clean Energy in Supporting Sustainable Development Goals.

Pada sambutannya, Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., menyampaikan, ”Sustainable Development Goals (SDG) merupakan rancang biru bagi dunia untuk meraih masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi kemanusiaan dan lingkungan. Salah satu goals yang ingin dicapai adalah menyediakan energi yang murah dan bersih. Hal ini mendorong peningkatan porsi energi berkelanjutan dalam skema konsumi energi secara global.”

Ketua panitia i-TREC 2020, Dr.-Ing. Ridho Irwansyah menambahkan, “145 makalah dari 339 peserta yang berasal dari Brunei Darussalam, Jerman, Malaysia dan Indonesia akan mempresentasikan makalah mereka dalam i-TREC 2020. Tahun ini i-TREC menerima makalah untuk 8 simposium dengan satu simposium topik khusus terkait COVID-19”.

Delapan simposium i-TREC 2020 yaitu:
1. Bioenergy (24 makalah)
2. Eco Tropical Built Environment (23 makalah)
3. Energy Storage (20 makalah)
4. Engineering and Technology in Response to COVID-19 (3 makalah)
5. Fuel Cell Technology (1 makalah)
6. Hybrid & Electric Vehicle (26 makalah)
7. Multifunctional and Advanced Materials (19 makalah)
8. Renewable Energy Integration (20 makalah)

Selama dua hari acara, ditampilkan enam pembicara pada sesi keynote yaitu: Prof. Saidur Rahman (Nano-Materials and Energy Technology School Science and Technology Sunway University, Malaysia), Prof. Takuya Mabuchi, Ph.D. (Frontier Research Institute for Interdisciplinary Sciences, Tohoku University, Japan), Dr. Nor Azwadi Che Sidik (Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia), Ir. Jatmika Adi Suryabrata, M.Sc., Ph.D. (Architectural Engineering and Planning Faculty of Engineering Universitas Gadjah Mada, Indonesia), Assoc. Prof. Dr. Anwar Usman (Department of Chemistry, Faculty of Science, Universiti Brunei Darussalam), dan Dr.-Ing. Mohamad Adhitya (Research Center for Advanced Vehicle Universitas Indonesia).

Makalah terpilih dari symposium internasional ini akan dipublikasikan pada beberapa jurnal internasional, antara lain: International Journal of Technology (Scopus Q1), Material Science Forum (Scopus) dan AIP Proceeding (Scopus).

X