Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali mengadakan International Engineering Students Conference (IESC) untuk kelima kalinya.

IESC merupakan wadah bagi mahasiswa khususnya di bidang teknik untuk menampilkan karya risetnya di tingkat internasional. Selain itu, IESC juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional bagi mahasiswa. Dikarenakan pandemic COVID-19, tahun ini, IESC dilaksanakan secara daring pada Jumat- Sabtu, 24-25 Juli 2020 dengan mengusung tema “Engineering for Sustainable Development”. Pada penyelanggaraan tahun ini, IESC mendapatkan jumlah peserta tertinggi dengan 231 paper dari 44 universitas di 7 negara.

Seremonial pembukaan IESC dilaksanakan pada Jumat, 24 Juli 2020 pukul 09.30 melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Badrul Munir, ST., M.Eng.Sc. selaku Ketua Pelaksana dan Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., selaku Dekan FTUI. Acara dilanjutkan dengan presentasi dari dua pembicara utama, yaitu Dr. Rachmat Adhi Wibowo dari Austrian Institute Technology (AIT) dan Dr. Basari, S.T., M.Eng dari Universitas Indonesia.

Presentasi pertama berjudul “Development of Locally Based Ventilator COVENT-20” yang disampaikan oleh Dr. Basari, S.T., M.Eng. Beliau menjelaskan tentang keunggulan ventilator produksi UI, COVENT-20, latar belakang inovasi, fakta seputar ventilator, model dan spesifikasi COVENT-20, serta perkembangan produksi COVENT-20. Presentasi kedua berjudul “Exploitation Strategy of a Scientific Research Project: From an Idea to Market” yang disampaikan oleh Dr. Rachmat Adhi Wibowo. Beliau menyampaikan tentang seluk beluk penelitian di Australia. Mulai dari dana untuk penelitian dan pengembangan, model bisnis AIT, tahapan penelitian AIT, aktivitas akademik dan industri AIT, serta kebutuhan industri untuk perkembangan pasar.

Di hari kedua IESC, Sabtu 25 Juli 2020, diselenggarakan presentasi paper dari peserta yang telah mendaftar. Presentasi dimulai pukul 10.00 yang dilaksanakan melalui aplikasi Google Meet dan terbagi menjadi sembilan ruang. Panitia telah menerima dan mereview 231 paper yang terbagi dalam beberapa kategori diantaranya: Sustainable and Clean Energy; Sustainable City, Infrastructure & Transportation; Biotechnology, Bioprocess & Chemical; Electrical, Computer & Biomedical; Mechanical, Manufacture & Marine; Industrial; serta Metallurgy and Materials.

FacebookTwitter
X