id
id

FTUI Kembali Tambah Tiga Guru Besar

Pada Rabu, 1 Maret 2023, Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan sidang terbuka pengukuhan guru besar secara luring di Balai Sidang UI dan daring melalui kanal Youtube Fakultas Teknik UI. Tiga guru besar Fakultas Teknik UI dikukuhkan dalam sidang terbuka ini, yaitu Prof. Ir. Antony Sihombing, MPD., Ph.D. dari Departemen Arsitektur, Prof. Dr. Muhammad Suryanegara, S.T., M.Sc., IPU. dari Departemen Teknik Elektro, dan Prof. Dr. Ir. Praswasti Pembangun Dyah Kencana Wulan, M.T. dari Departemen Teknik Kimia. Sidang terbuka pengukuhan guru besar dipimpin secara langsung oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.

Dalam prosesi acara, Prof. Antony menyampaikan pidato pengukuhan yang berjudul “Rangkaian Catatan dalam Perjalanan Panjang di Kampung dan Kota: Kajian Konsep Rukun dan Gotong Royong”, Prof. Suryanegara menyampaikan pidato pengukuhan yang berjudul “Dari Graham Bell sampai 6G Mobile Communications: Inovasi, Regulasi, dan Manajemen Teknologi menuju Visi Indonesia 2045”, dan Prof. Praswasti menyampaikan pidato pengukuhan yang berjudul “Teknologi Nano dan Karbon: Produksi dan Aplikasi di Bidang Material Komposit dan Kesehatan”.

“Dengan dikukuhkannya tiga Guru Besar ini, FTUI kini memiliki 76 Guru Besar aktif dan menjadi fakultas urutan kedua di UI dengan jumlah GB terbanyak. UI sendiri saat ini mencatatkan 348 orang GB aktif yang terdiri dari 260 GB NIDN, 85 GB NIDK dan 3 GB Emeritus. Untuk tahun 2023, Prof. Antony, Prof. Praswati, dan Prof. Suryanegara adalah Guru Besar ke 3, 4 dan 5 yang dikukuhkan. Saat ini FTUI tengah mengajukan 7 calon GB yang tengah berproses. Semoga kedepannya para guru besar ini dapat menunaikan amanah dan tanggung jawabnya dalam mendidik calon pemimpin bangsa Indonesia,” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Turut hadir Dekan dan Guru Besar tamu dalam acara pengukuhan, Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Selo, ST., M.T., M.Sc., Ph.D; Guru Besar Tetap Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng; Guru Besar dan Kepala Lembaga Bahasa Universitas Pancasila, Prof. Dr. Mashadi Said, M.Pd.; Guru Besar dan Direktur Program Pascasarjana UI, Prof. Dr. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd., P.A.; Guru Besar Departemen Arsitektur UNKRIS, Prof. Dr.-Ing. Ir. Uras Siahaan, lic. rer.reg.; dan Rektor UI periode 2014-2019, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.

Selain itu turut hadir beberapa tamu VIP, Wakil Walikota Depok,  Ir.  Imam Budi Hartono,  M.Si.;  Staf Khusus Kantor Staf Presiden, Ir. Arief Budhy Hardono; Scholarship Team Coordinator Nuffic Nesso Indonesia, Ir. Indy Hardono, MBA; Ketua Umum ILUNI UI Periode 2022–2025, Dr. Ir. Didit Hidayat A. Ratam, MBA.; Wakil Rektor IV Bidang Penelitian dan Kemahasiswaan Telkom University Bandung, Dr. Ir. Rina Pudjiastuti, M.T.; dan Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan RI, Brigadir Jenderal TNI Ketut Gede Wetan Pastia, S.E.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X