id
id

FTUI Perkuat Kerja Sama untuk Pengembangan Proyek Kapal Ikan 5GT

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melalui Program Studi Teknik Perkapalan, melakukan perjanjian kerja sama dengan beberapa mitra, seperti Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenkomarves RI), PT ABC, dan PT Radiant Utama Interinsco. Perjanjian kerja sama ini dilakukan dalam upaya mengembangkan proyek bernama Kapal Ikan 5GT.

“Setiap mitra yang melakukan kerja sama memiliki fokusan poin tersendiri, untuk Kemenkomarves membantu dalam menyinergikan antara pihak UI dan ABC serta pihak lain untuk kedepannya, PT ABC membantu pengadaan sebagian baterai, dan Bapak Sofwan Farisyi sebagai sponshorship platinum,” jelas Dr. Eng. Muhammad Arif Budiyanto, S.T., M.T., Ketua Program Studi Teknik Perkapalan FTUI.

Kapal Ikan 5GT adalah pilot proyek elektrifikasi kapal ikan berukuran 5GT dengan material berupa baja. Prototype ini merupakan hasil hibah Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) 2021 dan hibah penelitian P5 2022. Tujuan dibuatnya proyek ini sebagai modernisasi armada kapal perikanan tangkap. Selain itu, proyek pembuatan Kapal Ikan 5GT ini akan berlangsung akan berlangsung selama tiga bulan, dimulai sejak bulan November 2022 sampai Januari 2023.

Dr. Muhammad Arif Budiyanto menjelaskan, “Proyek modernisasi Kapal Ikan 5GT ini dilatarbelakangi oleh semakin terbatasnya ketersediaan kayu yang berkualitas sebagai bahan baku kapal tradisional dan juga harga bahan bakar minyak yang terus naik membuat biaya operasional nelayan meningkat. Maka dari itu, tercetuslah ide gagasan dibuatnya Kapal Ikan 5GT.”

Dekan FTUI, Prof. Ir. Heri Hermansyah, M,Eng., IPU menyambut baik proses kerja sama yang melibatkan FTUI ini dengan berkolaborasi bersama para mitra terkait. “Harapan terbaik bagi proses berjalannya pembuatan Kapal Ikan 5GT gagasan Dosen FTUI ini, nantinya dengan komponen-komponen yang digunakan seperti material baja dan propulsi listrik semoga dapat menciptakan konsturksi yang lebih kuat dan aman serta dapat menghemat biaya bahan bakar dan ramah lingkungan.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X