Selama dua hari, 17 dan 18 Juni 2020, Fakultas Teknik Universitas Indonesia melaksanakan Surveillance External Audit ISO 9001:2015 Management System.

Audit Eksternal ini dilaksanakan oleh Badan Sertifikasi DQS. Berdasarkan hasil audit, FTUI dinyatakan layak untuk mempertahankan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015. Pelaksanaan audit ini untuk memeriksa apakah Fakultas Teknik tetap melaksanakan standar pelayanan sebagaimana disyaratkan oleh Auditor Eksternal untuk mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 yang telah diperoleh pada tahun 2017 yang lalu.

Area yang masuk dalam audit adalah pelayananan yang diberikan untuk program pendidikan sarjana dan pascasarjan dari ke tujuh departemen di lingkungan FTUI: Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, dan Teknik Industri; serta pelayanan penunjang yang diberikan oleh Dekanat (Unit Riset dan Pengabdian pada Masyarakat, Unit Kemahasiswaan & Alumni, Unit Kerjasama & Ventura, Unit SDM & Administrasi Umum, dan Unit Umum dan Fasilitas) dan Pusat Admnistrasi Fakultas (PAF).

Audit yang dilaksanakan secara daring ini, bertujuan untuk memeriksa beberapa hal antara lain: apakah ada perubahan pada sistem manajemen FTUI, melakukan verifikasi terhadap penerapan yang berkelanjutan terhadap sistem manajemen fakultas, melakukan evaluasi terhadap keefektifan tindakan/perbaikan yang timbul dari audit sebelumnya (jika berlaku), konfirmasi bahwa persyaratan sertifikasi telah dipenuhi, mencari tahu apakah ada keluhann terkait aspek-aspek sertifikasi, melakukan evaluasi terhadap FTUI terkait publikasi mengenai sertifikasi yang telah diraih (cth: materi promosi, website, penggunaan logo DQS serta penggunaan sertifikat.

Dengan dipertahankannya sertifikasi ISO 9001:2015, FTUI memberikan kepastian pelayanan administrasi pendidikan berjalan dengan baik. Sertifikasi ini juga juga dalam rangka memberikan penjaminan terhadap mutu akademik yang dikelola oleh FTUI telah sesuai dengan standar mutu internasional yang berlaku.

FacebookTwitter
X