Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU melantik Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA. sebagai Kepala Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan serta Ketua Program Studi Magister Teknik Sistem Energi. Upacara serah terima jabatan dan pelantikan ini dilaksanakan pada Senin lalu (10/01) bersama dengan tujuh pejabat baru lainnya di lingkungan FTUI. Unit ini merupakan satu dari tiga unit baru yang didirikan oleh Dekan FTUI untuk mewujudkan visi FTUI Entrepreneurship Unggul Berdampak.

Dekan Heri menyampaikan bahwa beberapa organisasi multidisiplin yang ada bertansformasi menjadi Unit Penelitian dan Pendidikan Interdisiplin. “Ada tiga tugas utama unit yang dikepalai oleh Prof. Widodo ini. Yang pertama adalah melahirkan graduate program interdisiplin yang sekarang modalnya sudah ada 3, Teknik Sistem Energi (TSE), Perancangan Wilayah Kota (PWK), dan Program Profesi Insinyur (PPI). Modal ini bisa diperbesar lebih lanjut dengan prodi-prodi baru yang terkait dengan interdisiplin, dengan berbagai pertimbangan yang nanti tentunya dikonsultasikan kepada Senat dan DGB”.

Tugas kedua unit ini adalah mengelola dan mengembangkan pusat-pusat riset baru untuk menggantikan pusat-pusat riset yang saat ini sudah tidak berkembang. Dosen-dosen FTUI kedepannya akan diminta untuk memastikan keahliannya masing-masing untuk kemudian dikelompokkan kedalam pusat-pusat penelitian. Anggota-anggota pusat riset ini bisa jadi lintas departemen karena dibentuk berdasarkan keahliannya masing-masing.

“Jadi unit ini mendefinisikan apa yang ada saat ini dan yang penting di masa depan secara tematik. Tugas terakhir yang harus ditangani Prof. Widodo adalah mengembangkan sarana dan prasarana untuk penelitian interdisiplin tersebut,” ungkap Dekan Heri.

Prof. Widodo sendiri menyambut tantangan baru ini sebagai upaya mewujudkan visi FTUI dalam pengembangan pendidikan dan penelitian interdisiplin keteknikan yang unggul dan berdampak.

“FTUI akan memperkuat pendidikan pascasarjana dan pusat penelitian yang bersifat interdisiplin dan infrastruktur pendukung yang memadahi dalam rangka menghasilkan: lulusan yang memiliki pengetahuan interdisiplin, produk inovasi, publikasi internasional dan policy brief yang berkualitas tinggi, yang diharapkan dapat berkontribusi nyata dalam penyelesaian permasalahan sosial nasional dan global yang kompleks,” ungkap Prof. Widodo.

Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA adalah Guru Besar bidang Energi Berkelanjutan Departemen Teknik Kimia FTUI. Beliau menyelesaikan Pendidikan Magister dan Doktornya dari Institut National Polytechnique de Toulouse, Perancis. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Pusat Pengkajian Energi UI (2004-2007), Ketua Departemen Teknik Kimia FTUI (2007-2013), Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Indonesia (2009-2012), Anggota Dewan Riset Nasional (2014-2019). Sekarang beliau sebagai Ketua riset kluster Sustainable Energy Systems and Policy (SESP) UI dan Editorial Board Journal Natural Gas Science and Engineering, Elsevier.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X