Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menambah fasilitas ruang kelas dengan teknologi tinggi sebagai bagian persiapan menghadapi perkuliahan di era new normal. New Normal Classroom ini merupakan realisasi kerja sama antara FTUI dan PT Paragon Paragon Technology and Innovation. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer.nat. Abdul Haris, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., dan Group CEO ParagonCorp, Harman Subakat, hadir meresmikan FTUI New Normal Classroom yang dilaksanakan pada Rabu (25/05) di kampus FTUI Depok.

New Normal Classroom merupakan sistem ruang kelas yang menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa di masa pandemi hingga masa yang akan datang. Dengan sistem belajar hybrid, pembatasan kapasitas tatap muka, serta ruang yang mudah dibersihkan, New Normal Classroom mampu mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar dengan tetap menjaga keselamatan sivitas akademika FTUI di masa pandemi ini. Ke depannya, FTUI akan terus menambah jumlah ruang Smart Classroom ini baik dengan ukuran besar ataupun kecil,” kata Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Ruang Smart Classroom new normal FTUI merupakan ruang kelas yang modern dan interaktif serta dilengkapi dengan meja dan kursi yang dapat diatur formasinya sesuai dengan mode perkuliahan. Selain itu, ruang kelas ini ini juga dilengkapi dengan smart board interaktif, smart TV, fasilitas poly studio, dan smart projector yang memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran luring maupun hybrid.

Pada pidato sambutannya, Prof. Abdul Haris menyampaikan, “Pembangunan fasilitas pembelajaran di UI bertujuan untuk memfasilitasi aktivitas belajar-mengajar dalam rangka membangun ekosistem inovasi di kalangan mahasiswa. UI sangat berterima kasih atas komitmen Paragon terhadap pembangunan ini melalui salah satu pilar CSR-nya yakni pendidikan. Kami berharap, dengan dukungan industri, dalam hal ini Paragon, fasilitas pembelajaran yang ada ini mampu menjadi katalisator semangat inovasi di kalangan mahasiswa untuk menciptakan terobosan-terobosan baru yang mampu membangun bangsa Indonesia.”

Pengembangan sistem pendidikan FTUI berbasis teknologi ini mendapatkan dukungan penuh dari PT Paragon Paragon Technology and Innovation. “Sebagai perusahaan kosmetik lokal terbesar di Indonesia, Paragon Technology and Innovation (Paragon) menjalin kemitraan yang erat dengan Universitas Indonesia (UI) sebagai wujud komitmen Paragon mendukung kegiatan riset serta mendorong akselerasi pendidikan nasional. Kami akan selalu siap mendukung UI dalam setiap gebrakannya untuk memajukan pendidikan Indonesia. Lewat pembangunan fasilitas pembelajaran di UI, kami harap semakin banyak inovasi yang lahir dari mahasiswa untuk membangun bangsa Indonesia,” kata Harman Subakat.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X