id
id

Gandeng JICA, FTUI Tambah Fasilitas Pendidikan Smart Classroom ke-11

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali meresmikan Smart Classroom ke-11. Smart Classroom ini merupakan hasil komitmen bersama antara FTUI dan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di FTUI. Peresmian dan penandatanganan berita acara serah terima dilakukan di ruang Smart Meeting Room FTUI (22/11).

Turut hadir pada acara tersebut Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.. Ketua Senat Akademik Fakultas FTUI, Prof. Kemas Ridwan Kurniawan, ST., M.Sc., Ph.D., Ketua Dewan Guru Besar FTUI, Prof. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M.Sc., Ph.D., beserta jajaran pimpinan FTUI, JICA Senior Advisor, Hiroyuki, JICA Expert, Ryotaro Takano,  Senior Representative JICA Indonesia, Honzu Shigeo, dan Representative JICA Indonesia, Nakajima Tsuyoshi, serta undangan lainnya.

Komitmen pengadaan smart classroom pertama kali disampaikan oleh JICA pada momen Dies Natalis FTUI ke-58 pada tanggal 17 Juli 2022 yang lalu melalui penandatanganan komitmen oleh antara Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU dan Ryotaro Takano, Project Coordinator JICA Project for Human Resources Development for Cybersecurity Professionals.

Prof. Heri pada sambutannya mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 mengajarkan bagaimana proses belajar mengajar tidak harus dilakukan secara tatap muka. Meskipun saat ini FTUI telah melaksanakan perkuliahan secara luring sepenuhnya, tapi FTUI justru ingin semakin membuka kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk tetap dapat beraktivitas di kampus secara luring, daring maupun hybrid.

“Mahasiswa bisa tetap mengikuti kompetisi di luar negeri dan juga mengikuti perkuliahan yang diadakan di kampus FTUI Depok. Tentunya penyediaan berbagai fasilitas penunjang pendidikan dan penelitian virtual ini tidak dapat kami lakukan sendiri. Hadirnya mitra-mitra industri untuk membantu pengadaan smart classroommembuktikan bahwa dengan berkolaborasi dan bersinergi antara lembaga pendidikan, FTUI dan industri, maka kita dapat bersama- sama bangkit menuju FTUI Unggul Berdampak demi negeri,” kata Prof. Heri.

Hal senada diungkapkan oleh Senior Representative JICA Indonesia, Honzu Shigeo pada sambutannya. “JICA memiliki sejarah panjang dalam mendukung pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia. Saat ini, salah satu isu penting JICA dalam mendukung Indonesia adalah keamanan siber. Pengadaan smart classroom di FTUI merupakan bagian dari upaya JICA dan Universitas Indonesia mengembangkan sumber daya manusia di bidang keamanan siber. Saya harap kita bisa terus melakukan kegiatan lain atau berkolaborasi dengan rekan-rekan FTUI dan membantu Universitas Indonesia menjadi hub cyber security di tingkat Asia Tenggara.”

Smart classroom JICA merupakan ruang kelas pintar ke-11 FTUI melengkapi 8 kelas pintar donasi Kapal Api yang diresmikan pada 2019 yang lalu serta 2 kelas pintar donasi Paragon yang diresmikan pada awal tahun 2022. Saat ini FTUI tengah menyiapkan tambahan 8 smart classroom hasil donasi berbagai pihak dan menargetkan kedepannya seluruh ruang kelas di lingkungan FTUI ditransformasikan menjadi smart classroom.

Smart classroom ini merupakan ruang kelas pintar yang modern dan interaktif. Formasi meja dan kursi di ruangan tersebut dapat diubah sesuai dengan model perkuliahan. Ruang kelas ini dilengkapi dengan smart board interaktif, smart TV, fasilitas poly studio, dan smart projectoryang memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran luring maupun hybrid.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X