Pada Senin–Selasa, 28–29 Maret 2022, HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia) dan Universitas Indonesia (UI) mengadakan The Asian Civil Engineering Coordinating Council (ACECC) The 42nd Executive Committee Meeting 2022. HAKI yang merupakan salah satu member dari Asian Civil Engineering Coordinating Council (ACECC)  berkesempatan untuk menjadi host untuk melaksanakan agenda Excecitive Committee Meeting (ECM) ke-42. Agenda ini diadakan setiap enam bulan sekali dan dihadiri oleh 15 negara yang terhimpun dalam ACECC, yaitu Australia, Bangladesh, India, Indonesia, Japan, Korea, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Philippine, Russia, Taiwan, USA, dan Vietnam.

“Pada pertemuan hari ini, kita akan membangun engagement antar Teknik Sipil yang berasal dari banyak institusi baik di Indonesia maupun di luar negeri. Saya harap pada pertemuan ini, semua engineer dan partisipan dapat membagikan ide-ide yang akan dikembangkan menjadi kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, komunitas, dan professional recognition seperti sertifikasi untuk berbagai bidang Teknik Sipil” kata Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST, M.Eng.

Excecutive Committee Meeting diadakan untuk membahas kemajuan dan pencapaian yang telah dilakukan oleh masing-masing Technical Committees (TC) selama enam bulan ke belakang. Dalam agenda ECM ini, dilakukan pembahasan mengenai Technical Committee Coordination Meeting (TCCM), Planning Coordination Meeting (PCM), seminar yang diusung oleh TC-14, dan Seminar Teknis dari Future Leaders Forum. TCCM merupakan bentuk dari salah satu fungsi ACECC, yaitu sebagai wadah untuk Technical Committees yang ingin melakukan pembahasan mengenai topik tertentu untuk bekerja sama antarnegara. Beberapa pembahasan dalam TCCM , yaitu mengenai Sustanability, Jembatan Panjang, dan Ethics di dalam Dunia Teknik Sipil.

Planning Coordination Meeting dilakukan untuk berdiskusi mengenai perencanaan kegiatan apa yang akan dilakukan ACECC ke depannya. Setelah itu, jika ada salah satu TC ingin mengadakan seminar, ECM juga berfungsi untuk memfasilitasi kegiatan seminar tersebut. Pada ECM kali ini, TC-14 yang dimotori oleh ASCE/Amerika Serikat berencana untuk mengadakan seminar mengenai “Sustainable Infrastructure”. Sebagai acara penutup, pembahasan terakhir mengenai seminar yang diadakan oleh Future Leaders Forum, yaitu forum yang berisi anggota ACECC muda (di bawah 35 tahun). Dalam kesempatan ini, Future Leaders Forum mengusung topik Seminar berupa “Sustainability in Civil Engineering Practices from Around Asia”.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X