Kamis, 2 Juni 2022, untuk kedua kalinya Fakultas Teknik Universitas Indonesia di bawah Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan telah melaksanakan Hybrid Talk Show & Open House Program Kelas Internasional FTUI. Pada kali ini, Open House Program Kelas Internasional bekerja sama dengan Ikatan Mahasiswa Program Internasional (IMPI) FTUI dalam rangka memberikan gambaran lebih dalam mengenai informasi Program Kelas Internasional di lingkungan FTUI dan mengundang  siswa dan siswi dari beberapa sekolah di wilayah Jabodetabek untuk mengikuti rangkaian acara secara offline.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU. dan turut menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Ketua  Ikatan Mahasiswa Program Internasional (IMPI) FTUI, Fadhli Adwani, Kepala Kantor PMB UI, Dr. Gunawan, ST., MT., Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum FTUI, Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. dan para pimpinan Departemen di lingkungan FTUI.

“FTUI berkomitmen untuk menjalankan modernisasi pendidikan keteknikan dan internasionalisasi pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk komitmen ini adalah dengan dibukanya Program Sarjana Kelas Internasional. Dimana Program Sarjana Kelas Internasional ini ditujukan untuk mencetak para insinyur yang tidak hanya mampu bersaing di tingkat lokal atau nasional Indonesia tetapi juga mampu bersaing di tingkat regional dan internasional,” kata Prof. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU.

Sesi pertama dimulai dengan presentasi terkait Program Kelas Internasional oleh Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI. Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. mengatakan, “FTUI bercita-cita menjadi institusi keteknikan yang dapat secara unggul dan global dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat dunia, salah satunya dengan mengembangkan Program Kelas Internasional.”

Dilanjutkan presentasi terkait student activities oleh Ketua Ikatan Mahasiswa Program Internasional (IMPI) FTUI. Dalam presentasinya, Fadhli Adwani mengatakan, “Ikatan Mahasiswa Program Internasional (IMPI) mewadahi minat dan bakat mahasiswa, tidak hanya mendapat pengalaman Internasional saat kita pergi ke luar negeri (exchange), di Indonesia kami mengadakan gathering dengan mengumpulkan mahasiswa asing untuk saling mengenal dan bertukar pikiran.”

Sesi kedua dilanjutkan dengan Talk Show terkait Program Kelas Internasional FTUI oleh para Pimpinan Departemen di lingkungan FTUI dan presentasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kepala Kantor PMB UI, Dr. Gunawan, S.T., M. T. Dalam paparannya Dr. Gunawan, S.T., M. T., mengatakan “FTUI memiliki kuota sebanyak 241 untuk calon mahasiswa program Kelas Internasional, 96 kuota jalur seleksi talent scouting dan 145 kuota jalur seleksi SIMAK KKI.”

Sesi terakhir acara Hybrid Talk Show & Open House Program Kelas Internasional FTUI dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait administrasi pendaftaran program Kelas Internasional dan ditutup oleh pembagian doorprize untuk para peserta.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X