id
id

Ida Bagus Made Putra Jandhana, Doktor FTUI Pengembang Sistem IKI dalam Kinerja Sektor Industri

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FTUI, Ida Bagus Made Putra Jandhana. Pria kelahiran Cimahi, 8 Januari 1966 ini berhasil menamatkan pendidikan S3-nya dengan disertasi yang berjudul “Pembangunan Indeks Ketahanan Industri (IKI) sebagai Alat Alternatif Pengukuran Kinerja Sektor Industri”. Dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Teuku Yuri Zagloel, M.Eng. Sc. dan Dr. Ir. Rahmat Nurcahyo, M.Eng. Sc., Bagus melakukan penelitiannya terkait pembuatan metode pengukuran kinerja yang memperhitungkan kemungkinan terjadinya berbagai shock yang berdampak pada kinerja sektor industri.

Berdasarkan penelitiannya, Bagus mengungkapkan bahwa melalui perhitungan IKI, sektor industri pengolahan logam di Indonesia belum memiliki kemampuan berinovasi dalam memperbaiki proses produksi dan kualitas produk dengan penilaian Dimensi Inovasi dan Efisiensi yang relatif rendah. Disertasi ini juga memberikan gambaran terhadap beberapa kemungkinan perbaikan yang dapat dilakukan di masa yang akan datang, yaitu: penambahan data series yang lebih panjang untuk menambah akurasi forecasting hasil pengukuran, penerapan angka penimbang yang lebih akurat pada setiap dimensi dan variable pembentuk IKI, dan penerapan IKI pada sektor manufaktur lainnya.

Tak hanya berhasil meraih gelar doktor dari FT UI, Ida Bagus Made Putra Jandhana juga kerap melakukan berbagai penelitian. Bagus telah mempublikasikan tiga tulisannya dalam berbagai konferensi dan forum internasional. Karya Ida Bagus Made Putra Jandhana di antaranya, yaitu “I.B.M.P” yang diterbitkan pada 2016 dalam Literature Review of Industrial Competitiveness Index: Research Gap di Malaysia; “Measuring Industrial Resiliency by Using Data Envelopment Analysis Approach” yang diterbitkan pada 2017 dalam International Conference on Business and Engineering Research di Osaka Jepang; dan “Resilient Structure Assessment Using Cobb-Douglas Production Function: The Case of The Indonesian Metal Industry” dalam International Journal of Technology. (Humas FT UI)

X